BPKAD Palopo Gelar Sosialisasi Penyusunan APBD TA 2021 melalui SIPD, Tidak Lagi Gunakan Aplikasi SIMDA Keuangan

201
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah kota Palopo melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Sosialisasi Penyusunan APBD TA 2021 secara elektronik melalui SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah), berdasarkan Permendagri No. 70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kegiatan yang dihadiri langsung walikota Palopo itu digelar di Rujab Walikota Palopo (SaokotaE), Kamis (13/08/2020).

Kepala BPKAD kota palopo, H. Samil Ilyas, melalui Kabid anggaran BPKAD, Emil mengatakan penyusunan anggaran di tahun 2021 itu sudah menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah, tidak lagi menggunakan SIMDA keuangan.

Dengan menginput data di SIPD, berarti data yang telah kita input akan terbaca dari server kemendagri. Data yang diingat harus data yang sudah final dan sesuai dengan tahapan-tahapan penyusunan APBD. “Jika data yang diapit itu telah dikunci, maka data-data tidak bisa kita ubah kembali,” ungkap Kabid Anggaran BPKAD.

ADVERTISEMENT

Kepala Bidang Anggaran BPKAD melanjutkan, untuk teknis user perangkat daerah, pada SIPD, setiap pimpinan perangkat daerah nantinya akan memiliki akun tersendiri. Dari akun pimpinan perangkat daerah itu akan dibuat lagi akun kepala bidang sampai staf operator.

“Jadi setiap teknis pada perangkat daerah memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam penyusunan anggaran di tahun anggaran 2021,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Dalam arahannya, Walikota Palopo HM Judas Amir pada kegiatan sosialisasi itu menyampaikan perlunya diskusi yang lebih mendalam, pelatihan khusus terkait penerapan SIPD.

“Perlu dilakukan diskusi untuk mengetahui tahap-tahap yang lebih detail bagi perangkat daerah paham mengenai penyusunan melalui SIPD ini,” ungkap Walikota.

Kepada pimpinan perangkat daerah walikota berpesan agar kedepan ini harus betul-betul kita pahami, apa yang dikerjakan oleh bawahan harus dipahami oleh atasan, apa kebaikannya dan apa keburukannya. Tidak boleh atasan bicara lain, bawahan bekerja lain.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah kota Palopo, Firmanza DP dan pimpinan perangkat daerah serta camat lingkup Pemkot Palopo. (hms)

ADVERTISEMENT