Guru Bahasa Inggris SMPN 14 Palopo Berhasil Tembus dari 1.881 Peserta di Ajang Seleksi se Asia Tenggara

2432
Ribka Tandi, S.Pd, guru Bahasa Inggris SMPN 14 Palopo  
ADVERTISEMENT

PALOPO–Salah satu guru bahasa Inggris di kota Palopo lolos dalam seleksi bahasa asing yang diikuti oleh 1881 pendaftar di seluruh negara bagian Asia Tenggara.

Dia adalah Ribka Tandi, S.Pd yang merupakan guru bahasa Inggris di SMPN 14 Palopo yang lolos pada seleksi peningkatkan kompetensi guru Bahasa Asing di Asia Tenggara. Seleksi itu diadakan Shoutheast Asian Minister of Education Organization -SEAMEO (Organisasi Persatuan Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara).

ADVERTISEMENT

Kepala SMPN 14 Palopo, Drs. Aripin Jumak mengatakan atas kelulusan salah satu guru SMPN 14 Palopo dalam seleksi bahasa asing yang diikuti oleh sejumlah negara di Asia Tenggara merupakan kebanggaan tersendiri yang secara tidak langsung ikut mengharumkan nama sekolah, SMPN 14 Palopo.

“Ini merupakan kebanggaan besar buat SMPN 14 Palopo. Karena ada 1.881 orang se-Asia Tenggara mendaftar sementara yang dinyatakan lolos ada 600 orang saja. Dan salah satunya adalah ibu Ribka Tandi, S.Pd yang merupakan guru bahasa Inggris SMPN 14 Palopo,” kata Aripin Jumak, Selasa, (18/8/202).

ADVERTISEMENT

Dari 600 orang yang lolos tersebut, lanjut Aripin Jumak, dari Indonesia ada 233 orang lolos. “Dari Sulawesi Selatan 5 orang diantaranya, 2 Makassar, 1 Pare-pare, 1 Pangkep, 1 dari Palopo,” bebernya.

Rencananya, selama 3 bulan ini akan mengikuti training secara online mulai 3 Agustus-30 Oktober mendatang.

“Jadi ini ada beasiswa Training 3 bulan untuk guru & dosen Bahasa Asing (Bhs Inggris, Perancis dan Jerman) yang diadakan oleh Shoutheast Asian Minister of Education Organization atau SEAMEO (Organisasi Persatuan Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara). Tujuan training adalah untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Asing di Asia Tenggara,” jelasnya.

Maka dari itu, iapun berharap agar yang didapat dari training tersebut harus dibagikan ke teman-teman lain di sekolah sehingga bisa bermanfaat.

“Semoga dari training ini bisa dibagikan pada teman-teman guru yang lain. Jadi salah satu syarat untuk mengikuti seleksi tersebut harus memiliki rekomendasi dari Kepala Sekolah, sehingga kami bisa mendukung penuh,” pungkasnya. (Rah)

ADVERTISEMENT