Keren! SMPN 3 Palopo Tanam Sayuran, Manfaatkan Pekarangan dengan Hidroponik

332
ADVERTISEMENT

PALOPO–SMPN 3 Palopo yang beralamat di Jalan Andi Kambo, Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, memanfaatkan halaman kosong di lingkungan sekolah untuk tanaman hidroponik.

Di sekolah itu terdapat beberapa wadah yang saat ini dalam proses pengelolaan media untuk menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Selain itu tong yang digunakan sebagai sumber air diisi dengan bibit ikan lele.

Wadah yang digunakan untuk menanam pun sangat sederhana.

Kepala SMPN 3 Palopo, Basri M mengatakan memanfaatkan tong bekas yang sudah tidak dipakai lagi sebagai tempat penangkaran ikan lele. Serta menggunakan pipa paralon sebagai media menanam. Tong ini dihubungkan dengan pipa paralon yang atasnya sudah dilubangi. Air dari tong selanjutnya mengalir ke pipa paralon.

ADVERTISEMENT

“Ini masih dalam proses pembuatan dan memasuki tahap penyelesaian. Kami memanfaatkan pipa paralon serta tong,” ungkapnya, Rabu (26/8/2020).

Dari lubang-lubang pipa paralon itu dimasukkan bibit sayuuran seperti kangkung, sawi, dan jenis lainnya. Tanpa menggunakan pestisida, bibit sayuran itu pun tumbuh subur dan berkembang. (Rah)

ADVERTISEMENT