Program Madani USAID Gelar Diskusi Tata Kelola Pemerintahan, Sekda Palopo Beri Apresiasi

455
ADVERTISEMENT

PALOPO–United States Agency for International Development (USAID), yakni lembaga pembangunan Amerika Serikat gelar kegiatan sosialisasi program madani yang dirangkaikan dengan diskusi tata kelola pemerintahan dilaksanakan di Aula Bappeda Palopo, Kamis (27/8/2020).

Dalam kegiatan ini, Sekda Palopo, Firmanza DP, Plt Kepala Bappeda Palopo, Raodahtul Jannah, Koordinator USAID Palopo, Rahman Dako, Koordinator Lapangan Program Madani di Palopo, Abdul Malik Sale, dan Perwakilan dari Unanda Palopo, Muhammad Nur, serta Ormas-ormas Kota Palopo dan tamu undangan lainnya ikut hadir.

ADVERTISEMENT

Koordinator Lapangan Program Madani USAID Rahman Dako yang ditemui di sela kegiatan sosialisasi ini menjelaskan bahwa program Madani yang disosialisasikan oleh USAID ini adalah program dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas organisasi masyarakat lokal untuk bisa lebih mandiri dan bekerjasama dengan Pemda. Kegiatannya akan difokuskan di kota melalui LSM, Organisasi kepemudaan ataupun keagamaan.

“Kegiatan pada hari ini adalah kami ingin mensosialisasikan program kami yakni Madani. Menanggapi minat dari Pemda Palopo,untuk membangun kerjasama dengan Amerika Serikat di bawah bantuan lembaga kami yakni USAID,” ujar Rahman.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut ditambahkan Rahman, karena fokus utamanya adalah masyarakat sipil, pihaknya telah memilih Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) sebagai lembaga tertua di Palopo. YBS ini nantinya akan membantu USAID untuk mengajak LSM lain atau organisasi masyarakat lainnya untuk bekerjasama dengan USAID.

Sementara itu pihak USAID juga telah berkordinasi dengan pemerintah daerah melalui Bappeda Palopo. Dan telah memilih masalah sampah sebagai isu yang akan kerjakan secara bersama-sama dengan mengajakan Ormas-ormas yang ada di kota Palopo.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekda Kota Palopo, Firmanza DP dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung penuh kegiatan sosialasi dan program dari USAID untuk memajukan kota Palopo lewat pemberdayaan Ormas-ormas di kota Palopo ini. Dan selama ini pemerintah kota Palopo juga telah melakukan beberapa program terkait pengelolaan sampah di antaranya pendirian Bank Sampah Unit Mappacing bekerjasama dengan Pegadaian Palopo , pendirian bank sampah di sekolah-sekolah dan Perda-perda yang telah dibuat oleh pemerintah terkait pengelolaan sampah.

Adapun USAID adalah Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggungjawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain di dunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Lembaga telah berdiri lama di Indonesia sejak tahun 80-an. Dulunya Pemkot Palopo juga telah bekerjasama dengan USAID lewat program kinerja. (jun)

ADVERTISEMENT