Bappeda Palopo dan Rakor Menuju Verifikasi Penilaian Kota Sehat 2021

62
ADVERTISEMENT
PALOPO–Untuk lebih fokus dan sekaligus mencapai target mempertahankan gelar Swasti Saba Wistara yang sudah 5 kali diraih kota Palopo, digelar rapat koordinasi oleh Tim Pembina Kota Sehat Kota Palopo bersama Forum Kota Sehat yang diketuai oleh Hj. dr. Utiasari Judas M.Kes, yang juga istri tercinta walikota, HM Judas Amir, Rabu 9 September 2020.
Rapat koordinasi ini dilakukan di kantor Bappeda Palopo dihadiri para stakeholder dan pelaksana teknis teknis yakni perwakilan Dinas Kesehatan.
Bappeda sendiri selaku bagian dari Tim Pembina Kota Sehat Kota Palopo memberikan perencanaan agar dalam pelaksanaan penilaian kota sehat nantinya bisa mengulang sukses yang sama seperti yang dicapai tahun lalu.
Plt Kepala Bappeda Palopo, Raodahtuljannah melalui Kepala Bidang Ekonomi,Sosial dan Pemerintahan Umum Bappeda Kota Palopo, Drs Bambang Sirasaputra mengatakan, rapat koordinasi Kota Sehat ini merupakan Rakor khusus guna persiapan verifikasi penilaian Kota Sehat tahun 2021, yang dihadiri Tim Pembina Kota sehat kota Palopo, Ketua Forum Kota Sehat dan para penanggungjawab teknis tatanan, sebut Bambang saat melaporkan kegiatannya dalam rapat tersebut.
“Rencana untuk penilaian Kota Sehat ini sendiri dalam rangka mempertahankan kembali supremasi tertinggi penghargaan bidang kesehatan lingkungan atau Kota Sehat, kami membagi tugas dan peran masing-masing terutama di lokasi khusus (Lokus) penilaian nanti,” kata Bambang kepada Koran Seruya, Rabu (9/9).
Adapun Lokus penilaian, masih lanjut Kabid Ekonomi Bappeda itu, hampir sama dengan penilaian tahun sebelumnya, hanya saja memang ada penyegaran Lokus baru, misalnya
untuk tatanan pemukiman sarana dan prasarana sehat Rumah Sakit Bintang Laut digilir ke RS Mega Buana, dan lainnya, ucap Bambang memberi contoh kecil.
Bambang yang masuk dalam Tim sebagai anggota Sekretariat Tim Pembina sekaligus mewakili ketua Tim Pembina beserta staf bidang ekonomi Bappeda Palopo berharap, pelaksanaan penilaian Kota Sehat yang verifikasinya dilakukan tahun ini serta hasil penilaian lombanya disampaikan pada 2021 mendatang, bisa membawa Palopo kembali meraih supremasi tertinggi,  Swasti Saba Wistara yang menjadi incaran 416 kabupaten dan 98 kota di seluruh Indonesia.
“Seluruh stakeholder dalam hal ini pemerintah kota Palopo dan Forum Kota Sehat kota Palopo bertekad melanjutkan tradisi pencapaian Swasti Saba Wistara yang sudah 5 kali diraih, yakni tahun 2009, 2011, 2015, 2017 dan 2019 ditambah Wiwerda 2007 dan 2013,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat, Hj dr Utiasari Judas, usai rapat memberi harapan yang sama agar Palopo benar-benar menerapkan standar kesehatan dunia (WHO), di semua lingkup kehidupan, mulai dari sarana pendidikan sekolah, kampus, tempat hiburan, rumah sakit hingga area public space, seperti taman terbuka hijau apalagi kita masih dalam masa Pandemi Covid-19. “Harapan kita, Palopo ini benar-benar sehat lingkungannya, sehat masyarakatnya, karena sistem yang kita bangun sudah baik selama ini, tentu kita berharap ke depan harus lebih kita tingkatkan lagi, seiring tingginya disiplin masyarakat atas Protokol Kesehatan yang semakin membaikm,” pesan Utiasari. (iys)

ADVERTISEMENT