Palopo Raih Penghargaan dari Kemenkeu Setelah 5 Kali Berturut-turut Raih WTP, Samil Ilyas: Ini Apresiasi Sekaligus Motivasi!

110
Walikota Palopo dan jajarannya senyum bahagia atas penghargaan saat daring virtual di Rujab Saokotae dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah, Selasa, 22 September 2020 digelar Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, di Jakarta.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah kota Palopo mendapat kado istimewa saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, Selasa, 22 September 2020 kemarin, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, di Jakarta.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Secara virtual,  kegiatan juga digelar di Rujab Walikota di Saokotae, turut dihadiri orang nomor satu di kota Palopo, HM Judas Amir bersama jajarannya.

Diantaranya, Sekretaris Daerah Firmanza DP, juga Kepala BPKAD HM Samil Ilyas, Kepala Inspektorat Asir Mangopo, dan Plt. Kepala Bappeda, Raodahtuljannah.

Penghargaan yang diraih tersebut, seperti disampaikan Kepala BPKAD kota Palopo, HM Samil Ilyas, usai kegiatan, adalah buah dari prestasi Pemkot Palopo dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 5 tahun berturut-turut dalam masa kepemimpinan walikota HM Judas Amir.

ADVERTISEMENT
Dari kiri ke kanan: Plt Kepala Bappeda Palopo, Kepala BPKAD HM Samil Ilyas, Walikota Palopo HM Judas Amir, Kepala Inspektorat dan Sekda Firmanza DP saat mengikuti Rakernas yang digelar Kementerian Keuangan RI, Selasa (22/9/2020). (Foto: Humas Palopo)

“Pencapaian ini didukung dengan semakin meningkatnya kualitas dari laporan keuangan tahun 2019. Nah Palopo adalah salah satu dari sekian banyak daerah dan lembaga yang mampu mempertahankan opini audit WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” terang Samil Ilyas.

Pemberian penghargaan oleh Menteri Keuangan pada acara Rakernas ini, masih kata Samil, diberikan kepada, pertama, Penerima opini WTP minimal 10 kali berturut-turut untuk Laporan Keuangan Tahun 2010-2019.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Kemudian kedua, diberikan kepada Penerima opini WTP minimal 5 kali berturut-turut untuk Laporan Keuangan Tahun 2010-2019 dan ketiga, adalah Penerima opini WTP untuk Laporan Keuangan Tahun 2019 serta terakhir kepada Penerima BMN Award.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas penghargaan dari Kemenkeu dan pencapaian tersebut, ini akan menjadi rangsangan sekaligus dorongan bagi kami untuk lebih memacu kinerja utamanya di jajaran BPKAD Palopo agar semakin baik lagi ke depannya,” harap Samil.

Diketahui, Rakernas yang digelar Kementerian Keuangan RI ini bertema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Penghargaan lima kali berturut-turut opini WTP diberikan kepada 286 entitas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah serta penghargaan opini WTP tahun 2019 kepada 571 entitas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah termasuk kota Palopo sendiri.

Rakernas ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan sejak 22-24 September 2020, berupa Talkshow, Webinar, Coaching clinic dan termasuk pemberian penghargaan. (iys)

ADVERTISEMENT