Besok KPU Lutim Umumkan Penetapan, Baru MTH-Budiman yang Dinyatakan Lulus Seleksi dan Otomatis Mendapat Nomor Urut 1, Ibas-Rio Nomor 2

994
Komisioner KPU Luwu Timur, Muhammad Abu. (Foto: Heri)
ADVERTISEMENT

LUWU TIMUR–Jadwal penetapan calon Bupati Luwu Timur pada Pilkada 2020 yang akan diumumkan pada Rabu (23/9/2020) besok, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur hanya akan mengumumkan pasangan Muh. Thorig Husler-Budiman sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati.

Hal itu diungkapkan Muhammad Abu, selaku Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lutim, jika pada jadwal penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur akan diumumkan hanya satu calon saja.

ADVERTISEMENT

“Karena baru pasangan Husler-Budiman yang dinyatakan lulus seleksi, atau yang selesai mengikuti proses tes persyaratan pencalonan,” kata Muhammad Abu, kepada koranseruya.com, Selasa (22/9/2020).

Sementara untuk pasangan Irwan Bachri Syam (Ibas)-Andi Rio, menurutnya masih menunggu hasil tes kesehatan yang belum dilakukan. Ini mengingat Ibas tertunda dalam proses tes kesehatan karena sempat terpapar Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Kalau Ibas-Rio belum ditetapkan karena masih harus mengikuti tes kesehatan di Makassar. Dan untuk jadwal tes kesehatannya sendiri kita masih menunggu informasi dari KPU Sulsel,” jelasnya.

Selain pada tahapan penetapan calon, Komisioner KPU Lutim ini juga menyebutkan jika pada proses pencabutan nomor urut yang akan dilakukan pada Kamis, 24/9/2020 besok tidak ada proses cabut nomor.

ADVERTISEMENT

“Karena baru satu pasangan calon yang ditetapkan dan terlebih dahulu melengkapi persyaratan pencalonan maka tidak ada pencabutan nomor urut,” jelasnya.

Berhubung hanya pasangan Husler-Budiman yang duluan ditetapkan maka dia akan mendapatkan nomor urut 1 sementara Ibas-Rio nomor urut 2.

“Seandainya bersamaan ditetapkan maka ada proses lot nomor, tetapi karena baru satu pasang maka kami ambil sesuai yang lebih dulu,” katanya.

Sekedar diketahui, setelah bakal Calon Bupati Ibas dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan tes swab. Maka pasangan Ibas-Rio sisa menunggu jadwal KPU Sulsel untuk mengikuti proses tes kesehatan di Makassar. (Rah)

ADVERTISEMENT