Dalam Keadaan Sehat, Sapi Kurban Jokowi Seberat 1 Ton Tiba di Palopo

410
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sapi kurban Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya tiba di Palopo, Sabtu (17/7/2021) pagi. Hewan Kurban yang diberi nama Hero itu tiba di kandang RPH Bukit Lewadang, Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo.

Sapi tersebut berjenis limousin. “Beratnya 1 ton 41 kilogram. Umurnya 42 bulan. Harganya Rp 80 juta,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Ibnu Hasyim.

Ibnu mengatakan sapi yang disumbangkan Jokowi untuk dikurbankan di Palopo itu dalam keadaan sehat. Dibuktikan dengan surat Kesehatan hewan dari Kementerian Pertanian RI.

“Salah satu tanda sapi sehat ialah, dia memamah biak atau mencerna makanan dalam dua langkah, pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi. Bila tidak, sapi itu sakit,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Kadis Pertanian Kota Palopo, Muh Ibnu Hasim

Sapi itu juga didampingi seorang petugas hingga selesai disembelih nantinya. “Ada petugasnya yang menjaga sapi itu hingga selesai disembelih. Jadi sapi itu dijaga dengan baik dan harus dalam keadaan sehat hingga nanti hari raya Idul adha,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sapi kurban Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tiba di Palopo. Sapi itu diambil dari peternakan warga di Desa Bontolangkasa Selatan, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa milik Zainuddin Natsir.

“Ini sudah menjadi tradisi Presiden. Dari tiap provinsi dipilih satu Kabupaten/Kota sebagai tempat penyembelihan sapi kurban presiden. Untuk di Sulsel, Kota Palopo dipilih sebagai tempat penyembelihan hewan kurban itu. Tahun lalu di Jeneponto,” jelas Muhammad Ibnu Hasyim.

Ibnu menambahkan, penyembelihan hewan kurban itu bakal dilakukan di Masjid Agung Luwu Palopo. Sedang jenis hewan kurbannya sendiri ialah sapi limosin yang berumur 42 bulan dengan berat 1.041 kg atau satu ton lebih. (liq)

ADVERTISEMENT