PLN UP3 Palopo Survei Pemasangan SuperSun di dusun Lamiko-miko 

19
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA –PLN UP3 PALOPO melakukan survei pemasangan surya untuk energi atau SuperSun di Dusun Lamiko-miko, Desa Welawi, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara ,Selasa (24 /09/2024) baru-baru ini dengan diwakili oleh bagian perencanaan, jaringan, dan transaksi energi. Dari hasil survei tersebut adalah 47 rumah warga dan beberapa fasilitas umum seperti 1 masjid, 2 sekolah, dan 1 tempat MCK serta 7 gazebo.

SuperSun menjadi solusi atas tantangan geografis lokasi pedesaan di kawasan 3T yang sulit dilayani. Melalui program SuperSUN, PLN mampu melistriki wilayah 3T dengan energi EBT yang lebih murah dan bisa langsung dipasang tanpa investasi yang besar yang tak lagi harus bergantung pada BBM T dengan penggunaan energi baru terbarukan dari tenaga surya. Dilengkapi dengan storage baterai lithium, alat ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya motor listrik dan memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga seperti kompor induksi atau alat elektronik lain.

ADVERTISEMENT

Beberapa kendala pemasangan supersun pada pemasangan sebelumnya di kabupaten pangkep adalah sensor kipas tidak bekerja sehingga suhu tinggi, kabel baterai longgar menyebabkan inverter rusak dan baterai menjadi drop sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. (rls/Jun)

 

 

ADVERTISEMENT