Ada 104 Orang Masuk Kategori OTG di Tana Toraja

101
Ilustrasi
ADVERTISEMENT

MAKALE-Angka pasien yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) virus corona, di Tana Toraja mengalami peningkatan. Hingga hari ini, tercatat ada sebanyak 104 orang yang masuk kategori tersebut.

Data tersebut, berdasarkan informasi yang direkap dari sejumlah puskesmas dan rumah sakit yang ada di Tana Toraja.

ADVERTISEMENT

Dimana, OTG terbayak terdapat di Puskesmas Bombongan Makale sebanyak 44 orang, disusul Puskesmas Ulusalu 26 orang kemudian Tampo Mengkendek 9 OTG

Dilansir dari Tribun Toraja, salah seorang tim medis Satgas Covid-19 Tana Toraja, dr Mardaria menjelaskan, OTG adalah orang tanpa gejala yang kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Corona.

ADVERTISEMENT

“Tidak bergejala, tapi bisa menularkan virus Corona. Itulah orang tanpa gejala atau OTG Covid-19,” jelasnya.

OTG juga tercantum pada pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 Kementrian Kesehatan RI. Dimana, warga yang berstatus OTG juga menjadi keresahan bagi pemerintah dan masyarakat.

ADVERTISEMENT

Dia juga meminta agar masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif corona, sebaiknya segera melapor ke tim medis setempat.

“Ini tentang kesadaran dan kejujuran masyarakat, jika pernah kontak dengan orang terkonfirmasi positif Corona namun tidak merasakan gejala sebaiknya melapor ke petugas medis setempat,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain OTG Satgas Covid-19 Tana Toraja juga merekap update ODP, PDP, dan positif Corona. Dimana, jumlah ODP sebanyak 35, PDP nihil dan positif Corona 3 orang. (*/Sya)

ADVERTISEMENT