Adu Gengsi Golkar Versus Nasdem di Luwu Raya

155
ADVERTISEMENT

JELANG pemilihan legislatif dan pemilihan umum mendatang, khusus di Luwu Raya dua partai mulai memanaskan mesin politik. Tujuannya ingin menjadi pemenang pada konstestasi lima tahunan itu. Dua partai tersebut adalah Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Pada pileg 2019 lalu, Golkar meraih kemenangan di tiga daerah yakni Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur. Satu-satunya yang terlepas adalah di Kabupaten Luwu. Golkar kalah dan disalip oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meraih enam kursi.

ADVERTISEMENT

Adapun Nasdem, sebagai partai pemenang kedua di Palopo, Luwu Timur dan Luwu Utara. Sementara di Luwu, Nasdem hanya meraih dua kursi. Di pemilihan kepala daerah, Golkar menjadi pemenang di pilkada Luwu Utara dan Luwu Timur. Sementara Nasdem hanya di kota Palopo menjadi pemenang.

Pada pileg mendatang, Nasdem tentu tak ingin menjadi yang kedua. Nasdem bertekad untuk menjadi peraih suara terbanyak. Apalagi, Ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, menjadikan Luwu Raya sebagai benteng pertahanan partai besutan Surya Paloh ini.

ADVERTISEMENT

Instruksi RMS, sapaan akrab Rusdi Masse itupun bersambut. Ketua Nasdem Kota Palopo, HM Judas Amir mengaku manargetkan sembilan kursi di DPRD Kota Palopo. ” Kita ingin meraih kemenangan di seluruh pesta demokrasi. Pada pemilu mendatang kita menargetkan sembilan kursi di DPRD Palopo,” kata Judas Amir beberapa waktu lalu.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Nasdem Luwu, Arham Basmin Mattayang, yang juga putra Bupati Luwu. Dia mengaku akan mengembalikan kejayaan Nasdem di Kabupaten Luwu. ” Kita kembalikan ke masyarakat. yang pasti Nasdem akan berusaha meraih suara terbanyak pada pemilu nanti khususnya di Luwu,” kata Arham.

Golkar pun demikian. Saat melantik Ketua Golkar Palopo belum lama ini, Ketua Golkar Sulsel, Taupan Pawe, meminta kepada seluruh kade untuk bekerja keras. Dia menargetkan perolehan kursi Golkar di DPRD Palopo bertambah dari lima kursi menjadi delapan kursi.

” Kita mau delapan kursi supaya kita bisa leluasa dalam menentukan siapa yang akan diusung di pilkada Palopo mendatang,” kata Taupan Pawe. Diketahui, persaingan kedua partai ini bukan saja di Luwu Raya tetapi juga di seluruh Sulsel. Di pilgub mendatang Rusdi Masse dan Taupan Pawe disebut-sebut akan maju sebagai calon gubernur.

Nasdem dan Golkar juga bakal bersaing di pemilihan presiden. Diketahui, belum lama ini Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Sementara Golkar, terus mensosialisasikan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon presiden. (roy)

Komposisi Kursi DPRD Golkar dan Nasdem di Luwu Raya
Palopo
Golkar : 5 kursi
Nasdem : 3 kursi

Luwu
Golkar : 3 kursi
Nasdem : 2 kursi

Luwu Utara
Golkar : 8 kursi
Nasdem : 4 kursi

Luwu Timur :
Golkar : 7 kursi
Nasdem : 4 kursi

ADVERTISEMENT