ADVETORIAL: Anggota Saka Bhakti Husada Luwu Utara Diharap Jadi Penggerak Hidup Sehat

125

DINAS KESEHATAN (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), menggelar kegiatan Orientasi Saka Bakti Husada, Jumat (15/11/2019) lalu, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba. Orientasi yang dibuka Sekretaris Dinas Kesehatan, Ratna, S.Km., M.Ph., ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari Pengelola Promosi Kesehatan, Promotor Kesehatan, dan Anggota Saka Bakti Husada.

Sekretaris Dinkes Luwu Utara, Ratna, dalam sambutannya menyatakan, salah satu peran Anggota Saka Bakti Husada yang masih perlu ditingkatkan adalah menjadi motor penggerak masyarakat untuk selalu hidup sehat. “Kita berharap, orientasi ini dapat memberikan pemahaman tantang tugas dan fungsi anggota saka bakti husada,” kata Ratna.

Ia menyebutkan, salah satu tugas dan funsgi anggota Saka Bakti Husada di wilayah binaan masing-masing adalah meningkatkan kinerja masing-masing melalui metode kepramukaan. “Anggota Saka Bakti Husada ini harus bisa menjadi kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan serta sehat jasmani dan rohani,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Sahruni S.Km. M.Kes., menyebutkan, ada enam krida Satuan Pramuka Bakti Husada. Keenam krida itu, kata Sahruni, krida bina keluarga sehat, krida kesehatan lingkungan, krida pengendalian penyakit, krida gizi, krida obat, serta krida perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kita berharap para anggota Saka Bakti Husada ini mampu melaksanakan tugasnya sebagai kader pembangunan sesuai dengan krida masing-masing yang telah dipilih oleh anggota itu sendiri,” kata Sahruni. Dalam orientasi ini, Dinkes Lutra menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kwartir Gerakan Pramuka Luwu Utara. (ADV/LH)