“Agatu Kareba, Silessurengku?” Jokowi Sapa Masyarakat Wajo Sebelum Bertolak ke Sulsel

212
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istri, Iriana Joko Widodo, berkunjung ke Kabupaten Wajo, Sulsel, Kamis (9/9/2021) hari ini.

Dalam kunjungannya ke daerah penghasil sutera di Sulsel ini, RI-1 akan mengikuti beberapa kegiatan. Salah satunya, Jokowi diagendakan meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar di SMAN 3 Wajo, termasuk mengadakan konferensi video bersama peserta vaksinasi.

ADVERTISEMENT

Presiden bersama Ibu Negara juga akan meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Wewangrewu, Kecamatan Tanasitolo. Vaksinasi ini dikhususkan bagi masyarakat umum.

Agenda Jokowi selanjutnya meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Wajo. Peresmian dua bendungan ini dipusatkan di Bendungan Paselloreng, Desa Arajang, Kecamatan Gilireng.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, Jokowi juga dijadwalkan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar di Hanggar Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin.

SAPAAN KHAS BUGIS

ADVERTISEMENT

Yang menarik dari kunjungan Jokowi ke Wajo, yakni sebelum bertolak ke Sulsel, Jokowi terlebih dahulu menyapa masyarakat Wajo melalui unggahan di akun media sosialnya. “Agatu kareba, silessurengku?” tulis Jokowi dalam akun media sosialnya.

Sapaan Jokowi tersebut berarti apa kabar saudaraku. Sapaan ini biasanya diucapkan warga Suku Bugis saat bertemu saudara-saudaranya.

“Pagi ini saya berkunjung ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Saya hendak meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar dan masyarakat, lalu meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo,” tulisnya.

Diketahui, Jokowi bersama rombongan lepas landas dengan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 06.30 WIB, Kamis (9/9/2021) melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan menuju Sulsle ini, diantaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Presiden dan Ibu Negara akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wajo. Menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. (***)

ADVERTISEMENT