Aisyiyah Se-Luwu Raya Peringati Milad ke-105 Tahun

188
Ketua TP PKK Palopo, Utiasari Judas bersama pengurus Aisyiyah se-Luwu Raya nampak hadir pada peringatan milad ke-105 tahun.

PALOPO — Aisyiyah sebagai salah satu organisasi ortonom bagi Wanita Muhammadiyah memperingati milad ke-105 tahun di Gedung MCC Universitas Muhammadiyah, Minggu (7/7/2019).

Aisyiyah yang merupakan komponen perempuan Persyarikatan Muhammadiyah telah memberikan corak tersendiri dalam ranah sosial, pendidikan, kesehatan, dan keagamaan yang selama ini menjadi titik tolak gerakannya.

Gerakan ‘Aisyiyah dari waktu ke waktu terus berkembang dan memberikan manfaat bagi peningkatan dan kemajuan harkat dan martabat perempuan Indonesia. Hasil yang sangat nyata adalah wujud amal usaha yang terdiri atas ribuan taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga perguruan tinggi.

Walikota Palopo diwakili Kepala Inspektorat, Samil Ilyas mengucapkan selamat milad ke-105 kepada segenap pengurus dan anggota Aisyiyah. “Semoga dengan bertambahnya usia, Aisyiyah semakin dewasa dan semakin eksis dalam upaya pembinaan ummat khususnya kaum perempuan,” kata Samil.

Samil juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh pimpinan, pengurus dan anggota Aisyiyah rayon 3 dari luar wilayah kota Palopo. “Semoga kehadiran ibu-ibu, semakin menambah semaraknya peringatan milad Aisyiyah pada tahun ini yang dipusatkan di kota Palopo,” jelasnya.

Organisasi yang didirikan oleh Nyai Walidah Dahlan bersama para penggerak generasi awal telah meletakkan pondasi Aisyiyah sebagai gerakan perempuan Islam berkemajuan yang hadir di pentas dunia, menyebarluaskan ide-ide pencerahan yang membawa kemajuan hidup ummat yang kala itu masih terjaja, tertindas dan terbelakang dalam rentan perjalanan sejarah lebih dari satu abad Aisyiyah memang telah turut ambil bagian dalam pembinaan ummat islam khususnya kaum perempuan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palopo, Muh Tahmid Nur, juga mengucapkan selamat atas milad ke 105 tahun. “Sebuah kekuatan bahwa pada umumnya telah terbukti menjadi persyarikatan yang besar dan akan terus eksis untuk beberapa abad kedepan,” katanya.

Untuk memakmurkan organisasi wanita, kata dia Allah mengkususkan surah Maryam yang memiliki fungsi yang sangat penting seperti di mana laki-laki akan sukses apabila ada wanita hebat di belakangnya.

“Wanita itu adalah tiang negara dan akan beradab. Generasi Aisyiyah yang mampu melaksankan yang baik dan mempunyai stuktur tatanan mampu membuktikan dan menjdi mitra muhammadiyah,” katanya. “Secara oraganisasi telah membuktikan diri membangkitkan, selalu berdampingan dengan Muhammadiyah dan selalu terdepan sebagai pergerakan yang mendukung Muhammadiyah,” tambahnya.

Tampak hadir juga dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Palopo, Utiasari Judas, Ketua Pimpinan Aisyiyah Kota Palopo Syiamsidar, dan para pengurus Aisyiyah se-Luwu Raya dan undangan lainnya. (asm)