Ajar Siswa Berdemokrasi Sejak Dini, SMPN 1 Palopo Gelar Pemilihan Ketua Osis Secara Online

154

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palopo sejak dini mengajarkan berdemokrasi para siswanya. Hal tersebut terlihat saat pemilihan Ketua Osis di salah satu sekolah unggulan di Palopo itu.

Hebatnya lagi, proses pemilihan dilakukan dengan cara online. Kepengurusan Osis kali iini untuk periode 2019-2020.

Wakil Kepala SMPN 1 Palopo, Magdalena Karisi, mengatakan, pemilihan berbasis online dan secara demokrasi ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran demokrasi bagi para siswa. Dengan begitu mereka telah membiasakan diri dalam proses berdemokrasi.

“Ini merupakan bentuk pembelajaran demokrasi bagi para siswa kami. Tentu saja ini harus dilakukan sejak dini agar mereka tahu seperti apa prosesnya,” jelas Maghdalena, pekan lalu.

Selain itu, Maghdalena juga menjelaskan, dengan berdemokrasi siswanya dapat belajar untuk siap menang dan kalah. “Jika menang, mereka harus merangkul yang kalah untuk membantu dalam menggurus OSIS. Jika kalah, harus belajar untuk berlapang dada dan harus membantu yang menang dalam mensukseskan setiap program kerja OSIS,” ujarnya.

“Dalam pemilihan Ketua Osis ini, ada 3 calon yang mendaftarkan diri. Selain itu, pemilihan ini juga di awasi oleh KPU Osis,” pungkasnya. (fit/liq)