Akan Berkunjung Agustus 2020 Mendatang, Ini Agenda Jokowi di Tana Toraja

830
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja di Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja pada Februari lalu. (Dok. Dephub)
ADVERTISEMENT

MAKALE – Presiden Indonesia, Ir Jokowi direncanakan akan meresmikan Bandara Buntu Kunik (BBK), di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja pada Agustus 2020 mendatang.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hal tersebut, berdasarkan daftar surat kegiatan infrastruktur transportasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

ADVERTISEMENT

Dalam surat tersebut, menyebutkan jika bandara Tana Toraja itu, berada di urutan 30 dari 31 proyek yang akan diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Dilansir dari Tribun Toraja, Kepala Bandara Pongtiku Tana Toraja, Jefriadi mengatakan jika pihaknya telah menyampaikan rencana peresmian tersebut, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja,

ADVERTISEMENT

“Sudah kami sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, surat itu berisi persiapan untuk peresmian,” katanya, Jumat (15/5/2020).

Kendati demikian, dirinya juga berharap kedepannya jadwal tersebut, tidak lagi mengalami perubahan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Diketahui, saat ini progres pembangunan di BBK Tana Toraja sudah mencapai 90 persen. Mulai dari akses jalan masuk BBK sepanjang tiga kilometer yang sudah di aspal.

Pengerjaan Gedung admistrasi yang luasnya 400 m 2. Gedung power house luas 144 m 2, Perumahan Dinas type 45 (12 unit) dan type 54 (satu unit).

Gedung Terminal atau ruang keberangkatan luas 1.152 m2 dengan kapasitas tempat duduk 116 kursi. Runway (landasan pacu) 1600 x 30 m sepanjang dua kilometer, Taxiway (landasan gelinding) 124,5m x 5 m. Apron 94,5 m x 67 m, Gedung PKP-PK luas 366, 53 m 2, dan Pagar Pengaman Bandara (sudah selesai). (*/Sya)

ADVERTISEMENT