Akhir Tahun 2021, Palopo Target 90 Persen Warga Sudah Divaksin

96
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Palopo menggelar rapat koordinasi percepatan vaksinasi dan penanggulangan Covid-19 di ruang Ratona lantai II Kantor Walikota Palopo, Selasa (28/12/2021). (Foto : Humas Polres Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Palopo menggelar rapat koordinasi percepatan vaksinasi dan penanggulangan Covid-19 di ruang Ratona lantai II Kantor Walikota Palopo, Selasa (28/12/2021).

Acara tersebut dihadiri Walikota Palopo HM Judas Amir, Kapolres Palopo AKBP M Yusuf Usman, Kasdim 1403 Palopo Mayor Kav Suparman, Sekda Palopo Firmansyah, Kadinkes M Taufik, Para Camat, Lurah Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan saat ini Palopo mengalami penurunan vaksinasi. Penurunan ini dari beberapa hari sehingga pencapaiannya tidak maksimal. Namun, hingga akhir tahun nanti target 90 persen.

“Gabungan satgas segera turun di lapangan dan akan melakukan vaksinasi di setiap Kelurahan yang masih rendah data vaksinasinya. Lurah harus deteksi rumah warga yang tidak berkenan untuk divaksin, kemudian dilakukan kunjungan dengan perangkat pilar Kelurahan. Lurah harus berpikir cepat dan bijak dalam mengatasi warganya yang tidak mau divaksin dengan tetap berkoordinasi dengan babinkamtibmas dan babinsa. Lurah dan pendamping OPD rumuskan rumah warga yang belum divaksin untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Warga yang tidak vaksin adalah warga yang sakit dan anak di bawah umur 6 tahun,” jelas Judas Amir.

ADVERTISEMENT

“Terima kasih kepada para Camat, Lurah, bhabinkamtibmas, Babinsa, RT/RW yang telah bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam giat vaksinasi warga di wilayah masing-masing dan telah mencapai target 90 persen atau lebih,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Palopo mengatakan dalam pencapaian target Vaksinasi, tiap hari pihaknya selalu diingatkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Palopo. Hal itu karena merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Kami selalu mengingatkan dan mengawasi Para bhabinkamtibas dan Kapolsek agar wajib turun ke lapangan untuk melaksanakan dan memantau giat vaksinasi diwilayah masing-masing,” jelas Kapolres Palopo.

“Untuk meningkatkan percepatan vaksinasi, saya akan meminimalisir bahwa setiap personil Polres Palopo rencana akan membawa masing-masing dua warga yang belum divaksin untuk selanjutnya divaksin di Mako Polres Palopo. Bagi Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang pencapaiannya memenuhi target dan berada di peringkat 1 hingga 3, kami dari Polres Palopo akan memberikan reward atas kinerjanya,” tambahnya.

Sebelum menutup Forum tersebut, Walikota Palopo empat hari kedepan, pencapaian Vaksinasi bisa berada pada angka 90 persen atau lebih. “Kelurahan paling bawah dan masih signifikan dalam pelaksanaan Vaksinasi yaitu Tompotikka, Dangerakko dan Salobulo segera membentuk Tim dan rapatkan di masing masing dinas yang mengawasi tiap kelurahan tersebut untuk memaksimalkan kegiatan Vaksinasi di kota Palopo,” pungkasnya. (rls)

ADVERTISEMENT