Alhamdulillah…, Dapat Bantuan Alat TCM dari Kemenkes, RSUD Palopo Sudah Bisa Periksa Swab Covid-19

1069
Jubir resmi pemerintah kota Palopo terkait penanganan Covid-19. (Foto: Iccank)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo, Kota Palopo, Sulsel, akhirnya memiliki alat pemeriksaan COVID-19 jenis Tes Cepat Molekuler (TCM). Mulai Rabu (20/5/2020), alat ini sudah bisa difungsikan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

TCM merupakan salah satu metode pemeriksaan yang bisa menghasilkan reaksi cepat. Alat ini melacak keberadaan antigen virus corona dalam cairan spesimen dan tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni 99 persen. Alat TCM ini untuk pemeriksaan swab tenggorokan pasien terduga terpapar virus corona.

“Rabu (20/5/2020) besok ini ujicoba, karena cartridge dan media pemeriksaannya baru dipersiapkan,” kata Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishak Ishak, Selasa (19/5/2020).

Alat bantuan Pemerintah Pusat ke Pemkot Palopo ini masih dalam tahap persiapan, seperti alat masih memerlukan pengaturan-pengaturan, termasuk ruangan, operator dan sistem rujukan yang jelas.

ADVERTISEMENT

“Sebab, operasional alat tersebut khusus dan harus standar Kementerian Kesehatan,” pungkasnya.

Dijelaskan, alat TCM mampu memeriksa 120 sampel swab karena bantuan yang diterima Pemkot Palopo dari Kementerian Kesehatan hanya 120 cartridge. “Hasil pemeriksaan swab melalui alat PCM ini bisa diketahui sekitar 2 jam dengan tingkat akurasi 99 persen,” katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Kita patut bersyukur, karena dari 19 kabupaten/kota di Indonesia, Kota Palopo salah satunya yang mendapatkan bantuan alat PCM ini,” kata dr Ishak.

ADVERTISEMENT