Aliansi Masyarakat Bua Kecewa, JK Dinilai Dukung Sikap Arogan Zulkarnain

2687
Aliansi Masyarakat Bua saat berdiskusi dengan Jusuf Kalla. (Dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Aliansi Masyarakat Bua mengaku kecewa melihat sikap Jusuf Kalla (JK) yang terkesan mendukung sifat arogansi yang ditunjukkan Site Manager PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS), Zulkarnain.

Demikian dikatakan Jendral Lapangan (Jendlap) Aliansi Masyarakat Bua, Muhar kepada awak media, Sabtu 16 September 2023.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, dukungan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) itu, disampaikan saat melakukan audiense dengan perwakilan aksi, Jumat 15 September 2023.

“Dari hasil diskusi bersama pak JK itu tidak mendapat titik temu atau solusi, tindakan arogansi yang diperlihatkan oleh Zulkarnain juga seolah mendapat pembelaan dari pak JK sendiri,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

“Sementara kita ketahui bersama bahwa tindakan profokatif Site Manenger BMS yang selalu ingin membenturkan masyarakat dengan para karyawan jika terjadi gerakan demonstrasi itu betul-betul telah melanggar,” tambahnya.

Muhar menjelaskan, jika dikaji maka ada beberapa pelanggaran yang dilakukan pihak BMS.

Dia menilai, sikap arogan yang ditunjukkan Zulkarnain seolah-olah dirinya merekrut karyawan untuk digunakan sebagai tameng saat masyarakat melakukan aksi.

“Utamanya terkait dengan tenaga kerja, apakah memang karyawan yang di terima BMS hari ini jika di perhadapkan pada massa aksi untuk berontak,” ujarnya.

“Itu bukan sebuah pelanggaran,apakah itu tidak melanggar SOP pekerja,” jelas Muhar.

“Yang kami ingin tegaskan disini adalah bukan soal materi terkait lahan, ganti rugi dan lain-lain,” sambungnya.

“Kami tegas menuntut pencopotan Zurkarnain, sebab sikap arogansi yang diperlihatkan itu telah menyakiti kami sebagai Pemuda Bua,” tegas Muhar.

Muhar, mengaku akan melakukan konsolidasi, rencananya mereka bakal menggelar aksi lanjutan, dan akan memblokade BMS apabila tuntutan mereka tidak diterima.

Diketahui Aksi yang dilakukan oleh Aliansi tersebut, merupakan aksi lanjutan aras sikap arogansi Site Manager PT BMS yang telah mencoreng etika sosial yang ada di Kabupaten Luwu. (Hwn)

ADVERTISEMENT