Anggiat Sinaga Lantik Pengurus PHRI Kota Palopo

64
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Palopo Periode 2024-2029 resmi dilantik dan dikukuhkan, Kamis 29 Februari 2024 di Ballroom Hotel Harapan.

Pelantikan dan pengukuhan dilakukan Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga disaksikan Sekkot Palopo H. Firmanza DP, Kadis Pertanahan Munasirah, Ketua PHRI Bone H. Andi Darwis, Zulkifli, GM Hotel Arthama, kemudian Andi Junaidi GM The Rinra, dan Moch Ikhsan, RF, GM Hotel Whiz Prime Hasanuddin, serta sekretaris PHRI Sulsel Nasrulla. Usai pelantikan dilanjutkan sharing session dan membuka pelatihan barista.

ADVERTISEMENT

Adapun nama-nama pengurus yang dilantik adalah Ketua PHRI Kota Palopo 2024-2029, Eri, Ketua I Selvia Pasande, Ketua 2 H. Samudera, Ketua 3 Yusran. Untuk Sekretaris Aris SE, Bendahara Hj Evi Mariam, Bendahara 2 Sahar, Ketua Bidang Humas dan Pemasaran Aryanto Tanding SH, Bidang Organisasi Romulus dan Hj Sunarty, Bidang Pembinaan Hotel Bakhtiar Kadang, Agustinus Taruk, Bidang Pembinaan Restoran Cafe dan RM Andi Faizal Sagita, Rafli Hakim, dan Andi Teguh A, serta Bidang Pendidikan Ilham Ibrahim dan Meswanto.

Pada kesempatan itu, Ketua PHRi Kota Palopo Eri mengungkapkan rasa bahagianya dengan dilakukannya pelantikan ini. Tentunya dengan kehadiran PHRI di Kota Palopo dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan utamanya memajukan sektor pariwisata di Kota Jasa ini.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Ketua PHRI Provinsi Sulsel, Anggiat Sinaga dalam sambutannya kalau kehadiran PHRI ini bukan hanya semata sebagai simbol tetapi bagaimana lewat organisasi ini bisa melatih SDM yang lebih cakap dalam mengelola hotel dan restoran agar lebih kompetitif dari daerah lain di Sulsel ini.

“Jangan sampai orang datang menginap dan makan di hotel dan restoran di Palopo, pelayanannya tidak karuan tentunya akan membuat malu kota ini,” kata Anggiat yang juga adalah CEO Phinisi Hospitality Indonesia. Jika perlu kata Anggiat, PHRI Palopo buat perlombaan ke depan toilet hotel dan restoran terbersih.

Karena salah satu faktor yang mementukan adalah kebersihan. Kalau toiletnya jorok, bagaimana orang betah makan dan menginap. Pada kesempatan itu juga, Anggiat menitipkan pesan kepada Pemerintah Kota Palopo dalam hal ini Sekkot Palopo, agar bagaimana PHRI ini bergairah ke depan perlu adanya peran dari pemerintah, yakni dalam menggerakkan pariwisata.

“Bicara soal potensi Kota Palopo ini banyak sekali. Wisata alamnya ada, wisata religinya ada, wisata buahnya ada, pantainya ada, gunungnya ada, yang harus dikelola secara berkelanjutan. Rata-rata pemerintah melihat kalau itu sudah ada itu dianggap selesai. Padahal perlu adanya keberlanjutan, ditambah untuk ke Palopo kini sudah gampang bisa pakai pesawat dan bus,” ungkap Anggiat.

Hal lain yang perlu dilakukan untuk menggairahkan pariwisata di Palopo adalah pemerintah harus membuat banyak event. “Kalau bisa buat Palopo Fun Run, Palopo Half Maraton, festival buah-buahan, karena saat ini lagi musim durian, rambutan, ini semua potensi. Semakin banyak event, potensi kota akan semakin ramai, restoran makin laku dan jadi pendapatan bagi daerah juga,” ucapnya.

Menanggapi permintaan Ketua PHRI Sulsel, Sekkot Palopo H. Firmanza DP menjelaskan, jika salah satu program unggulan Pj Wali Kota saat ini adalah bagaimana setiap dinas berlomba-lomba membuat event. Dimana Palopo ini sudah punga arena road race yang sudah masuk dalam kalender kejuaraan nasional dan regional.

“Insya allah pada 8-9 Maret nanti ini juga kita akan ada Festival Buah di Kambo, dan semoga setiap tahun ini bisa dilaksanakan,” ungkap Sekkot Palopo. Usai pelantikan dilanjutkan dengan sharing session dan membuka pelatihan barista dibawakan oleh Zulkifli, GM Hotel Arthama, kemudian Andi Junaidi GM The Rinra, dan Moch Ikhsan, RF, GM Hotel Whiz Prime Hasanuddin, serta sekretaris PHRI Sulsel Nasrullah. (*)

ADVERTISEMENT