Antisipasi Bencana, Pemkab Lutim Akan Gelar Apel Siaga

25
ADVERTISEMENT

LUTIM — Sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang rawan terjadi bencana alam, Kabupaten Luwu Timur diharapkan untuk selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai bencana yang hampir tidak bisa diprediksi datangnya.

Oleh karena itu, dalam rangka kesiapsiagaan tersebut,, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Polres Luwu Timur, Manggala Agni, Basarnas, PMI, Pihak Swasta akan menggelar apel siaga gelar pasukan dan peralatan dalam menghadapi bencana alam yang rencananya akan digelar pada 23 November 2022 mendatang di Lapangan Merdeka, Puncak Indah, Malili.

ADVERTISEMENT

Guna memantapkan persiapan, telah dilakukan rapat persiapan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD, Masdin dengan menghadirkan pihak terkait seperti Polres Lutim, Manggala Agni, Satpol PP, Basarnas, PMI, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dishub dan Diskominfo SP, pada Rabu (16/11/2022).

Rapat ini membahas terkait teknik pelaksanaan apel siaga bencana, jumlah personil yang akan ikut dalam gelar pasukan serta peralatan yang akan ditampilkan oleh setiap instansi saat apel siaga bencana. Kepala Pelaksana BPBD Lutim, Masdin, saat dikonfirmasi Kamis (17/11/2022), mengharapkan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan apel siaga bencana ini supaya mempersiapkan segala peralatan yang akan ditampilkan saat apel pasukan, sehingga nantinya pada saat apel siaga terlihat bahwa Lutim siap menanggulangi bencana alam dengan peralatan yang dimiliki.

ADVERTISEMENT

Adapun jumlah personil yang direncanakan akan ikut dalam gelar pasukan kurang lebih 400-500 orang dari masing-masing instansi terkait. “Untuk waktu pelaksanaan, Insha Allah tanggal 23 November 2022 siap dilaksanakan,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Lutim, Masdin. (rls)

ADVERTISEMENT