Antisipasi DBD, Dinas Kesehatan Lutim Imbau Warga Terapkan 3M

481
ADVERTISEMENT

MALILI — Dinas Kesehatan (Dinkes) Luwu Timur mengajak masyarakat untuk menjaga pola bersih agar terhindar dari serangan penyakit menular.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Apalagi saat ini cuaca ekstrim terjadi sudah mulai terjadi di Sulawesi-Selatan dan hal tersebut harus mewaspadai penyakit Demam berdarah atau demam dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr April mengatakan bahwa ada beberapa penyakit yang kerap menyerang masyarakat saat musim penghujan diantaranya malaria, diare, dan DBD.

Maka dari itu, Dinkes Luwu Timur mengajak masyarakat untuk menjaga pola kebersihan seperti menutup, menguras, dan mendaur ulang (3M). Karena Langka tersebut dinilai sangat efektif dalam mengantisifasi penyebaran penyakit saat musim penghujan.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu pihaknya juga telah memasang poster berupa himbaun agar warga melakukan hidup sehat dan akan melakukan Penyelidikan Epidemiologi, apakah akan dilakukan foging atau tidak, sebut April

“Nanti kita akan bentuk tim yang terdiri dari Dinkes dan Puskesmas untuk turun menyelidiki sumber nyamuk, dan sumber DBD,” ujarnya, Jumat (034/01/2019).

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sebelumnya, Kasi Penyakit Menular Dinkes Luwu Timur Wardan juga menegaskan bahwa disaat musim penghujan seperti saat ini, ada beberapa penyakit yang rawan timbul di kalangan masyarakat seprti ketiga penyakit yang telah disebutkannya.

” Kami himbau agar masyarakat ikut andil dan mencegah penyakit yang berpotensi,misalnya malaria,demam berdarah dan diare,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa langka awal yang akan diambil, yakni mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sehingga tempat yang menjadi potensi berkembangnya nyamuk dapat dicegah dengan cara 3M. (Has)

ADVERTISEMENT