Antisipasi Dini Banjir Landa Palopo, Walikota Ajak Masyarakat Ikut Kerja Bakti Massal 4 Januari

415

PALOPO–Walikota Palopo HM Judas Amir mengajak masyarakat di kota ‘Idaman’ ini ikut kerja bakti massal, Sabtu (4/12/2019) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Kerja bakti massal ini untuk membersihkan drainase, sungai, lingkungan tempat tinggal warga, rumah ibadah, dan lain-lain, untuk mengantisipasi dini datangnya banjir memasuki musim penghujan awal tahun 2020.

“Mari kita bersama-sama kerja bakti massal. Upaya ini untuk mengantisipasi banjir,” kata Judas Amir.

Menurut Judas Amir, banjir bisa saja terjadi di Kota Palopo disebabkan drainase atau saluran air dalam kota tersumbat sampah. Aliran sungai juga bisa memicu banjir jika dipenuhi sampah.

Sehingga kata Judas Amir, memasuki musim penghujan, drainase atau saluran air harus dibersihkan dari tumpukan sampah. “Sudah memasuki musim hujan, jadi seluruh rumput, kotoran yang bisa hanyut terbawa oleh air hujan seperti di selokan-selokan segera dibersihkan. Drainase jangan tersumbat karena akan menimbulkan banjir,” ujar Judas Amir.

Untuk diketahui, Judas Amir menggagas kerja bakti massal ini dalam rapat koordinasi bersama jajaran Pemkot Palopo, Kamis 2 Januari 2020 lalu. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut para lurah, camat, dan pimpinan OPD.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Judas Amir menghimbau kepada seluruh camat dan Lurah agar melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk digerakkan dalam melakukan kerja bakti massal, Sabtu 4 Januari 2020.

“Kerja bakti massal ini dipusatkan di setiap kelurahan. Sasaran yang akan dibersihkan drainase, got atau saluran air lainnya di lingkungan masyarakat,” ujar Judas Amir dalam rapat koordinasi tersebut. (tari)