Aparat Desa di Luwu Utara Dilatih Gunakan Aplikasi Siskeudes versi Terbaru

80
Aparat Desa di Luwu Utara Dilatih Gunakan Aplikasi Siskeudes versi Terbaru. (Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Aparatur pemerintah desa di Kabupaten Luwu Utara dilatih menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi terbaru, 2.0. rilis 4 atau 2.0.4. Pelatihan ini dikemas dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan dan Penatausahaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes 2.0.4, Selasa (8/12/2021), di Hotel Dalton, Makassar.

Bimtek dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan aparatur desa dalam menggunakan aplikasi Siskeudes 2.0.4. Kegiatan ini berlangsung 4 hari, 6 – 9 Desember 2021, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Indah Putri Indriani. Dalam sambutannya, Indah menyebutkan tujuan digelarnya Bimtek ini untuk mengantisipasi pengelolaan keuangan desa berbasis daring yang direncanakan tahun depan untuk seluruh desa

ADVERTISEMENT

“Peningkatan kapasitas bagi perangkat desa merupakan hal yang sangat urgen guna menghadapi setiap perubahan aturan dan tata cara pengelolaan keuangan desa yang fluktuatif setiap tahunnya,” kata Indah. Perubahan ini, kata dia, seiring dengan kemajuan, baik itu teknologi maupun aturan-aturan yang disesuaikan dengan kondisi kekinian. “Kegiatan ini tentu saja telah disiapkan sedemikian rupa, sehingga nantinya menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan di desa,” terangnya.

ia berharap seluruh aparat desa memiliki kecakapan melalui kegiatan peningkatan kapasitas seperti Bimtek. “Kepada aparat desa agar kapasitas, kemampuan, transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan pembangunan desa juga dapat meningkat, sehingga bisa merencanakan, melaksanakan, mengelola dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan dan aset desa dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. (***)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT