Aplikasi Srikandi, Wujudkan Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel di Luwu Utara

17
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melaunching aplikasi Srikandi di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, Senin (12/12). Aplikasi Srikandi adalah Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi. Aplikasi ini merupakan implementasi aplikasi umum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Indah menyampaikan aplikasi Srikandi dikembangkan oleh Arsip Nasional RI untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan terintegrasi. “Salah satu indikator yang diberikan dalam peningkatan kualitas kearsipan adalah aspek SPBE, dimana setiap pemerintah daerah harus memiliki layanan kearsipan berbasis elektronik,” terang Indah.

ADVERTISEMENT

Dengan peluncuran penerapan Aplikasi Srikandi ini, lanjut Indah, diharapkan dapat menjadi lompatan besar bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, dalam mewujudkan e-goverment (pemerintahan elektronik) melalui smart city (kota cerdas) berbasis teknologi. Serta terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. Yang keseluruhannya bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Kami menyambut baik kegiatan peluncuran penerapan Srikandi ini dan untuk segera diberlakukan di Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara,” ucapnya. Indah menambahkan, dengan aplikasi Srikandi ini dapat memperbaiki pengelolaan arsip instansi pemerintahan, dan memastikan pelaksanaan, pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas sebagai arsip dapat dilakukan secara elektronik setiap saat.

ADVERTISEMENT

Sementara, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi menjelaskan, dengan Aplikasi Srikandi dapat mengalihmediakan arsip non elektronik melalui digital. Sehingga dengan mudah melihat dan mencari arsip melalui media elektronik di perangkat yang berbeda.

“Penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Daerah dan seluruh jajaran. Secara khusus kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama dengan Kepala Dinas Kominfo SP, yang telah mendukung dan mendorong terwujudnya penerapan aplikasi Srikandi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara,” ungkapnya. (rls/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT