Ardhiyat Syam, Siswa SMA 11 Lutim Jago Karate, Dilatih Ayah dan Pamannya…

1020
Ardhiyat bersama ayahnya pada salah satu kejuaraan Karate
Ardhiyat bersama ayahnya pada salah satu kejuaraan Karate
ADVERTISEMENT

NAMA Lengkapnya adalah Muhammad Ardhiyat Syam Putra. Baru berusia 16 tahun. Tapi, prestasinya di olahraga Karate cukup membanggakan di usianya yang masih belia. Pekan lalu, siswa SMA 11 Luwu Timur ini, berhasil meraih juara 3 pada Kejurnas Karate Piala Panglima TNI yang digelar di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Istimewanya, Kejurnas tersebut sebagai ajang Seleknas dan pemantauan atlit-atlit untuk Timnas Indonesia untuk berlaga di Kejuaraan Internasional.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kejurnas ini diikuti lebih dari seribu peserta yang berasal dari 34 Provinsi serta Perguruan karate di Indonesia. Semua Atlit Nasional Indonesia mulai dari Pelatnas, Atlet Nasional, Juara Seagames, juara Dunia Word Karate Feferation WKF, dan Juara Asian Karate Federation AKF juga ikut ambil bagian. Ardhiyat bertanding pada kelas Kategori Junior 16-17 tahun, kelas – 61 kg.

Diyat begitu dia akrab disapa, menekuni karate sejak masih di sekolah dasar. Dia ditangani langsung oleh ayahnya, Arfah Syam, salah seorang guru olahraga di Luwu Timur. Arfah juga dikenal sebagai atlet karate saat masih menjadi mahasiswa. Sesekali, Diyat juga dilatih oleh pamannya, Amran Syam yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Luwu Timur.

” Sejak kecil ayah dan om saya yang membimbing,” kata Diyat. Dilatih oleh ayahnya, bukan berarti Diyat cengeng. Justru, dia dibimbing dengan sangat keras. Baik itu di dojo tempat latihan maupun di rumah. Pihak sekolah sendiri mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Ardhiyat. Pasalnya, selain mengharumkan nama daerah, Diyat juga membawa nama sekolah.

ADVERTISEMENT

” Ini sangat membanggakan bagi kami,” katanya Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Luwu Timur, Sahar. Menurutnya, prestasi yang diraih anak didiknya itu tidak terlepas dari kerja keras, ketekunan berlatih, dukungan sekolah, pembinaan instruktur, dan doa kedua orang tua. Keluarga Besar Karate Inkado Luwu Timur menganggap Ardhiyat merupkan aset berharga dan merupakan salah satu karateka terbaik yang dimiliki daerah berjuluk Bumi I La Galigo ini.

Segudang prestasi yang berhasil diraih Ardhiyat pada tahun ini antara lain, Juara 1 Kejurnas Karate Inkado di Jakarta Komite Junior, Juara 1 Best Of The Best Kejurnas Karate Inkado Jakarta, Juara 3 Kejurnas Karate piala Mendagri di Palu Sulteng, Juara 1 Dispora Cup 2 Sulsel, Juara 1 Kejurnas Karate Minut Open di Manado Sulawesi Utara, dan Juara 1 O2SN Tingkat Propinsi, serta Peringkat 4 O2SN Nasional. (HMS/adn)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT