Arfan Basmin: Desa Jadi Ujung Tombak Pemulihan Ekonomi

55
ADVERTISEMENT

BELOPA – Pemerintah tengah menggencarkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ditengah pandemi Covid-19. Program ini, menempatkan Pemerintah Desa (Pemdes) sebagai ujung tombak.

Demikian dikatakan oleh, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Arfan Basmin, dalam kegiatan talkshow kreatifitas pemerintah desa dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Sentra IKM Barimbing, Kecamatan Suli, Sabtu (20/03/2021).

ADVERTISEMENT

Dia menyebutkan, Pemdes memiliki peran penting dalam memulihkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi. Terlebih lagi katanya, wilayah Kabupaten Luwu memiliki banyak potensi yang harus terus dikembangkan.

“Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional ini, pemerintah Desa punya peran yang sangat penting untuk memulihkan perekonomian, banyak potensi di Kabupaten Luwu ini, yang ada di desa bisa dikembangkan. Baik itu sektor pariwisata maupun potensi daerah lainnya seperti pertanian dan UMKM,” katanya.

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, dirinya mengatakan Talk show tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah di tataran desa, dalam berpartisipasi untuk memulihkan ekonomi nasional.

“Talkshow ini merupakan salah satu upaya dari kami, sebagaimana kita ketahui Apdesi punya tanggung jawab dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” terangnya.

“Jadi lewat kegiatan ini, kami kumpulkan dalam satu acara yaitu talk show dengan menghadirkan narasumber yang incredible dan bisa memberikan output yang baik,” jelas Arfan.

Tidak hanya itu, Arfan juga berharap agar masyarakat turut mengambil peran dalam program tersebut. Sebab katanya, persoalan pemulihan ekonomi tidak hanya menyangkut perseorangan namun menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Sehingga mampu menghadirkan kolaborasi dan sinergitas mulai dari instrumen atas dan bawah bisa berjalan dengan baik dan sejajar baik itu inovasi maupun kreativitas yang lain,” tutur putra Bupati Luwu itu.

Sekedar informasi, Talkshow tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Kajari Luwu Erny Veronica Maramba, Wakil Ketua MPO Pemuda Pancasila Luwu Andi Muhammad Arham Basmin, dan Owner Beda Baik Rijal Djamal.

Kegiatan ini dihadiri, oleh Ketua Apdesi Sulsel, beberapa kepala OPD, Camat, Ketua Apdesi Kab. Luwu, para Kepala Desa, Mahasiswa, serta tokoh masyarakat ini. (Mita)

ADVERTISEMENT