Pemkot Palopo Sebut “Account Officer” PNM Ujung Tombak Pertumbuhan Ekonomi

189
Asisten II Pemkot Palopo, Pimpinan BRI Cabang Palopo, Deputi Pegadaian Area Palopo menghadiri secara langsung Pelatihan Community Leaders di gedung MCH Palopo.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hamid memuji peran penting Account Officer (AO) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Palopo, sebagai salah satu ujung tombak dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Palopo.

Hal itu ia ungkap saat menghadiri acara Pelatihan Community Leaders di Gedung MCH Palopo, Jumat (06/10/2023) dengan tema Insan PNM Berkualitas Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas.

ADVERTISEMENT

Pelatihan Community Leaders itu digelar Offline dan Online. Insan PNM yang hadir diantarnya Perangkat Cabang 19 orang, Peserta Leaders Offline 90 Orang dan Peserta Leaders Online 57 Orang. Pelatihan leaders tersebut untuk melatih kemampuan Account Officer (AO) handal dalam melakukan pendampingan terhadap nasabah program Mekaar.

Asisten II Bidang Perekonomian Kota Palopo, Ilham Hamid menyebut PNM sebagai lembaga keuangan punya peran khusus memajukan perekonomian kerakyatan.

Ia melihat peran penting kerja seorang Account Officer, karena melakukan pendampingan langsung membina kelompok-kelompok nasabah program Mekaar.

Soal pertumbuhan ekonomi di Kota Palopo. Ilham melihat adanya kesamaan program Pemkot dan program PT PNM dibidang ekonomi. Salah satunya bantuan pinjaman modal usaha yang disalurkan PT PNM terhadap nasabahnya, khususnya ekonomi menengah ke bawah.

Meski demikian, Ia pun akhirnya mengaku ada keinginan Pemkot Palopo mengajak PT PNM untuk kerjasama di sektor finansial khususnya bantuan pinjaman modal para pelaku UMKM.

“Ada upaya Pemerintah Kota Palopo berkolaborasi dengan PT PNM melakukan program yang erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya modal pinjaman usaha untuk pelaku UMKM, ” kata Ilham Hamid.

Senada dengan Ilham Hamid, Pemimpin Perusahaan PT PNM Cabang Palopo, Zulfikar Arsyad menuturkan, pelatihan tersebut dilakukan untuk membimbing seorang Account Officer yang handal. Dijelaskan, Account Officer sebagai garda terdepan mendorong pertumbuhan ekonomi di segmen UMKM.

“Tujuannya menciptakan leaders di masa depan. Mendampingi kemudian membina nasabah guna meningkatkan kapasitas usahanya,” ucap Zulfikar.

“Saya bangga dengan rekan-rekan Account Officer yang tidak pernah lelah bekerja memberikan bimbingan langsung kepada nasabah untuk kemajuan bersama, ” sambung Zulfikar.

Foto bersama unsur PNM Cabang Palopo dan peserta leaders Offline berjumlah 90 orang disela kegiatan.

Terpisah Pimpinan BRI Cabang Palopo, Nabham Taman juga mengucap apresiasi karena terlaksananya pelatihan leaders tersebut. Ia kemudian membeberkan hadirnya disini karena BRI, PNM dan Pegadaian satu holding ultra mikro. Tujuannya holding untuk mewujudkan layanan keuangan yang lengkap, terintegrasi dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha di segmen ultra mikro.

“Harapannya bahwa semua masyarakat yang membutuhkan modal dan pendampingan usaha bisa memilih salah satu dari tiga lembaga jasa keuangan ini,” ucap Nabham.

Nabham meyakini, lewat pelatihan sejenis ini, dapat memacu semangat kerja seorang Account Officer dalam pendampingan nasabah di segmen UMKM.

Hadir pula dalam kegiatan itu Deputi PT Pegadaian Area Palopo, Novriyandi, Perwakilan MRM Palopo, Nurmala Dewi. (*) 

ADVERTISEMENT