ASK: Untuk Jadi Juara di Liga 3 Indonesia, Gaspa 1958 Harus Lalui 8 Rintangan Lagi

1326
dr Abdul Syukur Kuddus dan Sugiono (Ambon) berpose bersama saat Leg 2 Vs Nene Mallomo FC Senin kemarin (2/12)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Jika ditakdirkan untuk menjadi jawara di Liga 3 Indonesia musim kompetisi tahun 2019 ini, maka semua tim yang lolos ke babak 32 besar harus melalui 8 pertandingan lagi, untuk bisa meraih tropi juara di kompetisi reguler bergengsi PSSI ini.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Ketua Askot PSSI Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus (ASK) pasca kemenangan tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu, menjadi salah satu dari 3 wakil di Region Sulawesi mengatakan, Gaspa harus siap baik secara fisik dan mental, terutama soal materiil.

ADVERTISEMENT

Ia mengkalkulasi, sedikitnya ada 8 pertandingan lagi jika tim Laskar Sawerigading ingin menjadi jawara. Tiga pertandingan di fase grup wilayah timur harus dilakoni tim besutan Gafur Syamsu itu.

“Pertarungan masih cukup panjang dan menghabiskan energi, di 32 besar, klub dibagi ke dalam 2 wilayah yakni 4 grup Barat (A,B,C,D) dan 4 grup Timur (E,F,G,H). Setiap grup dari 8 grup tersebut, terdiri dari 4 tim kesebelasan. Di fase dengan sistem setengah kompetisi itu nantinya hanya ada dua klub yang lolos ke fase knock out di 16 Besar,” ulas dr Syukur, Selasa (3/12).

ADVERTISEMENT

Lanjutnya, fase 32 Besar ini digelar dari 12 hingga 16 Desember mendatang.

Setelah lolos di fase grup, maka di fase knock out di Babak 16 Besar harus dilalui dengan 1 kali pertandingan. Berarti totalnya sudah 4 laga, lanjut dr Syukur mengurai.

Setelah lolos lagi di fase 16 Besar, maka 4 tim pemenang di wilayah Timur akan tergabung lagi dalam 1 grup yang dinamai “Grup Timur”. Di fase 8 Besar (Barat dan Timur) ini akan kembali dilakukan “single match” atau satu kali bertanding dengan sistem setengah kompetisi. Berarti ada 3 laga yang harus dilakoni di fase ini.

“Dan hanya 1 tim yang menjadi jawara grup yang nanti akan masuk ke Grand Final menghadapi juara grup di wilayah Barat, jadi totalnya nanti sebanyak 8 laga untuk mencapai puncak kompetisi reguler PSSI ini,” jelas ASK.

Untuk itu, dokter bedah terkenal di kota Palopo ini meminta dukungan semua pihak agar tim kebanggaan Wija To Luwu yang kali ini berkesempatan membawa harum persepakbolaan Sulawesi Selatan di kancah nasional tampil maksimal dan tidak mengecewakan publik penggila sepakbola terutama publik kota Palopo sendiri.

“Kita mohon dukungan semua pihak termasuk pemerintah, dan alhamdulillah Pemkot Palopo bersama DPRD sudah menjanjikan sedikit bantuan lewat APBD, kami tentu berterima kasih dan mengapresiasi, karena untuk mencapai prestasi tertinggi kita memang harus punya persiapan matang apalagi bermain di tanah Jawa,” pungkas dr Syukur.

Puncak grand final Liga 3 Indonesia ini sendiri dijadwalkan klimaks pada tanggal 29 Desember 2019 mendatang.

Berikut skemanya:

Hasil pertandingan Babak II Regional Sulawesi Senin (2/12) kemarin:

• FT: PERSIDAGO 3 vs 0 PERSMA Manado
(PERSMA kembali tidak hadir di lapangan sehingga Persidago Kab. Gorontalo lolos dengan agregat 6-0)

• FT: PS Matra 2 vs 0 PESTA Ampana
(PS Matra Mamuju Utara lolos dengan agregat 3-2)

• FT: GASPA 1958 2 vs 1 PS Nene Mallomo
(GASPA 1958 Palopo lolos dengan agregat 4-2)

(Iys)

ADVERTISEMENT