ASN Diminta Beri Pelayanan Terbaik, Sekda: Pemkot Palopo Komitmen Hadirkan ASN Berkualitas

131
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP, meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurutnya, ASN saat ini, harus mengubah mindset yang dulu sebagai raja, saat ini sebagai pelayan yang wajib menghadirkan excelent service.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut disampaikan Firmanza saaat mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Pemkot Palopo, di ruang Pertemuan Ratona pada Selasa (29/6/2021).

“ASN saat ini, harus mengubah mindset yang dulu sebagai raja, saat ini sebagai pelayan yang wajib menghadirkan excelent service,” kata mantan kepala Bappeda Palopo itu.

ADVERTISEMENT

“Saya menekankan kita sebagai ASN, dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan memberikan solusi tiap permasalahan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga menjelaskan jika salah satu pekerjaan terbesar pemerintah saat ini, adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM).

ADVERTISEMENT

Sehingga katanya, menyadari kapasitas permasalahan saat ini, Pemkot Palopo memerlukan ASN yang berorientasi pada corak masa kini, yang mampu menjadi bagian dari keberhasilan Kota Palopo, dalam mencapai visi dan misi.

Sebab katanya, ASN menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan demokrasi di pemerintahan.

“ASN sebagai ujung tombak pelaksanaan demokrasi pemerintahan, perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan, dan keahlian untuk menunjang pelaksanaan tugas,” kata Sekda.

Dirinya juga menitip pesan kepada seluruh peserta Diklatsar CPNS Pemkot Palopo, untuk serius dalam mengikuti kegiatan tersebut. Agar tujuan kegiatan tersebut dapat tercapai secara maksimal.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti sungguh-sungguh kegiatan ini, agar tujuan pelaksanaan dapat tercapai secara optimal, sesuai yang kita harapkan bersama,” pesan Firmanza.

Dijelaskan, pelaksanaan pelatihan dasar ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Palopo, dalam rangka mewujudkan ASN yang berkualitas, yang mampu berdiri pada garda terdepan dalam rangka pelaksanaan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Saya berharap, peserta tetap mengasah kemampuan, agar tetap dapat berkompetisi. ASN harus siap mengikuti semua aturan tata tertib dan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh peserta Diklatsar CPNS Pemkot Palopo, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksaan kegiatan dan ketika mereka menjalankan akvitas sehari-hari.

Sebab katanya, ASN harus memberikan contoh yang baik dan menjadi tauladan di masyarakat.

“Pandemi Covid-19 masih ada di sekitar kita. Karena itu, mari tetap menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menghindari kerumunan mobilitas yang berlebihan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Diklasar CPNS tersebut diikuti sebanyak 132 orang peserta, dengan rincian sebanyak 39 orang laki-laki dan 93 perempuan.

Yang terdiri atas 11 orang pegawai golongan III/ b, 75 orang golongan III/a, 44 orang golongan II/c, sejumlah 2 orang, golongan II/ a yang berasal dari 44 unit kerja yang ada dalam lingkup Pemkot Palopo.

Pelaksanaan Diklatsar CPNS Kota Palopo ini, bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021 mulai 29 Juni hingga 11 November 2021. (Har/Hms)

ADVERTISEMENT