Awali Materi dengan Tadarrus Al Quran, Siswa SMP Negeri 6 Palopo Diharap Berperilaku Lebih Baik Lagi

100
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Palopo, telah melaksanakan program amaliah ramadan pada 27 Maret hingga 15 April 2023 lalu. Dalam Pelaksanaannya, pihak sekolah membagi siswa sesuai tingkatan kelas, pekan pertama untuk kelas 7, pekan kedua untuk kelas 8 dan pekan ketiga untuk kelas 9.

Pemateri berasal dari seluruh guru yang beragama islam, namun untuk praktek dikembalikan kepada guru bidang studi pendidikan agama islam, jadi semua tenaga pengajar terlibat dalam pelaksanaan kegiatan.

ADVERTISEMENT

Rencananya pihak sekolah akan mengadakan buka puasa bersama pada penutupan kegiatan amaliah ramadhan nantinya. Sebelum materi dimulai, diawali dengan tadarrus Al Quran, sholat duha berjamaah dilanjutkan dengan penerimaan materi dan praktek.

Bagi siswa yang belum lancar praktek dan hafalan baik pelaksanaan sholat dan tata cara berwudhu diberikan tugas tambahan dirumah untuk menyelesaikan hafalan.

ADVERTISEMENT

Bukan hanya siswa muslim, pelaksanaan amaliah ramadhan juga diikuti siswa non muslim sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Salah seorang guru pendidikan agama islam SMP Negeri 6 Palopo, Haeriah mengatakan, peserta didik menyambut baik pelaksanaan amaliah ramadan.

“Alhamdulillah siswa kami menyambut baik dan antusias mengikuti amaliah ramadhan, itu dibuktikan dengan kehadiran siswa disekolah, adapun yang tidak hadir itu karena kondisi kesehatannya yang kurang baik (sakit),” ujarnya.

“Yah harapan kami sebagai guru setelah pelaksanaan amaliah ramadhan akan ada perbaikan sikap dan perilaku siswa kami yang jauh lebih baik,” jelasnya. (Nad)

ADVERTISEMENT