Awan Menyerupai Angin Puting Beliung Nongol di Parepare, Warga Diminta Siaga Bencana, Jangan Tidur Nyenyak di Malam Hari

18301
ADVERTISEMENT

PAREPARE–Netizen asal Sengkang mengupload di insta storynya sebuah gumpalan awan hitam menyerupai angin puting beliung menyeruak di langit kota Parepare, sekira pukul 14.30 Wita siang tadi, Jumat 10 Januari 2020.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dilihat Koran Seruya di insta story warganet dengan akun @_muh_adrian199 itu, nampak suasana mencekam saat awan hitam menampakkan dirinya, dengan suasana jalan raya kota Parepare.

ADVERTISEMENT

Netizen lainnya, dengan akun instagram @ahmdabyan__ juga mengunggah video yang sama berdurasi 10 detik. Di insta storynya ia menulis tambahan kalimat: Waspada jam 14:00.

Sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar memberi warning alias peringatan agar warga berhati-hati dalam dua tiga hari terakhir ini.

ADVERTISEMENT

Darmawan, Kepala BMKG Wilayah IV Makassar menjelaskan sejak sepekan terakhir sebelum angin monsun asia melintas, terjadi peningkatan intensitas hujan mulai kategori lebat hingga ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi di Sulawesi Selatan bagian barat yang meliputi Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep Kepulauan, Kabupaten Maros, dan Kota Makassar. Untuk wilayah Sulawesi bagian tengah, meliputi Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Menanggapi hal tersebut, Rusli Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare mengimbau masyarakat agar siaga terhadap angin monsun Asia.

“Meski hanya perkiraan, akan tetapi mulai sekarang masyarakat tetap harus siap siaga dengan informasi itu,” kata Rusli, Kepala BPBD Parepare, Rabu (8/1/2020) lalu.

Tidak hanya itu, Rusli juga mengimbau masyarakat agar menghindari tidur terlalu nyenyak di malam hari, seperti dilansir Pijarnews. (Iys)

ADVERTISEMENT