Bakal Lakukan Pendataan Stunting, Dinkes Palopo Beri Pelatihan Enumerator SSGI

83
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo melaksanakan Workshop Enumerator Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. (Foto : Dok. Dinas Kesehatan)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo melaksanakan Workshop Enumerator Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

Workshop tersebut berlangsung di Aula Puskesmas Pontap, Kamis tanggal 1 hingga 5 September 2022. Dalam workshop ini Enumerator, peserta dilatih dalam pengumpulan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI).

ADVERTISEMENT

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Taufiq melalui Kepala Bidang Kesmas Dinkes Palopo, Ceria Amalia. Dia mengatakan enumerator berjumlah 6 orang yang telah direkrut sebelumnya dengan kualifikasi berlatar belakang pendidikan gizi.

Nantinya petugas enumerator ini akan datang ke rumah-rumah warga untuk mencatat gizi anak. Hal ini dilakukan dalam rangka pendataan Stunting di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

“Dalam workshop ini, enumerator diberikan pelatihan oleh Tim Pendamping Tekhnis Kab/Kota dari Kemenkes, dan Tim Dari Dinas Ksehatan Kota Palopo yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo,” katanya.

“Nantinya Enumerator yang terdiri dari 3 Tim akan melakukan pengumpulan data di wilayah kota Palopo dengan 56 BS (Blok Sensus) selama 38 hari. Data yang dikumpulkan meliputi BB, TB. LiLA anak dan LiLA WUS, serta data tentang konsumsi pangan di tingkat rumah tangga,” pungkasnya.

Masing-masing Tim enumerator beranggotakan 2 orang. Enumerator adalah petugas pencacah atau periset yang bertugas mengumpulkan data kolektif atau wawancara dari pintu ke pintu.

Mereka melakukan pencacahan yang terdiri dari penghitungan dan pencatatan orang atau membantu responden menjawab pertanyaan dan mengisi kuesioner. (ayb)

ADVERTISEMENT