Bandara Bua akan Berganti Nama, Ada Usul?

6126

BELOPA — Peresmian Bandar Udara Bua dijadwalkan akan dilakukan oleh orang nomor satu dinegeri ini, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Susel, dalam waktu dekat akan mengajukan penyuratan permohonan peresmian Bandara Bua.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, kepada wartawan menyampaikan bahwa beserta dengan permohonan peresmian Bandara Bua, juga akan diajukan sejumlah nama untuk Bandara Bua beserta dengan makna masing-masing.

“Bandara Bua ini belum diresmikan, tapi kami berharap Bandara Bua ini bisa diresmikan oleh Joko Widodo sekaligus memberikan nama. Karena nama Bua adalah nama kampung, kita akan memberi nama dan nama itu sedang dikoordinasikan sebagai bentuk usulan baik oleh Bupati Luwu, Wali Kota Palopo dan bupati sekitarnya serta masukan dari masyarakat,” ujarnya saat berada di Bandara, selasa, (10/7) kemarin.

Menurut Sumarsono, kemungkinan nama yang akan diusulkan banyak sekali termasuk salah satunya, Bandara I Lagaligo. Tetapi kewenangan sepenuhnya berada di pemerintah pusat melalui usulan masyarakat.

“Mengenai kapan peresmiannya, ini kewenangan pemerintah pusat untuk mengatur jadwal, bersedia atau tidak bersedia. Kalau bersedia, kapan, tugas kami hanya mengusulkan dan menyiapkan segala sesuatunya. Prinsipanya setelah surat gubernur saya berikan surat pengantar kepada presiden untuk peresmian bandara, tentunya dengan pengajuan nama dan maknanya seperti apa,” ujarnya. (adn)