Banjir Membawa Berkah, Warga Luwu Serbu Sungai Suso Dulang Emas

4895
ADVERTISEMENT

BELOPA — Pasca banjir yang terjadi di Sungai Suso, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, Minggu (02/04/2023) kemarin, menjadi berkah tersendiri bagi warga. Sehari setelah banjir, ratusan warga menyerbu bantaran Sungai Suso. Mereka membawa peralatan sederhana untuk mendulang emas

Warga yang mendulang di Sungai Suso terlihat di Desa Tumbu Bara, Kadong-Kadong, Marinding, hingga Saronda, Kecamatan Bajo Barat.
” Warga banyak yang turun mendulang hari ini. Alhamdulillah hasilnya lumayan. Rata-rata warga mendapat 1 sampai 2 gram emas,” kata Yunus, warga Tumbu Bara yang dihubungi.

ADVERTISEMENT

” Banjir yang terjadi sehari sebelumnya menjadi berkah tersendiri bagi warga. Banyak kandungan biji emas yang terbawa aliran sungai,” tambah Yunus. Sebelumnya, Sungai Suso viral di media sosial. Itu karena banyaknya penambang liar yang beroperasi di sepanjang bantaran Sungai Suso. Mereka rata-rata berasal dari luar daerah. Penambang menggunakan alat berat untuk mengeruk emas yang terkandung di sungai.

Warga setempat sudah berupaya untuk menghentikannya. Namun, penambang tetap beroperasi. Aksi unjukrasa digelar. Termasuk melapor ke pihak yang berwajib. Akhirnya, setelah sekian lama penambang menghentikan aktivitasnya. (*/roy)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT