Banjir Peminat, Jurusan TKR Masih Terfavorit di SMKN 2 Palopo

279
ADVERTISEMENT

PALOPO–Salah satu jurusan yang paling laris manis, yang paling banyak diminati di SMKN 2 Palopo adalah Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Kepala SMKN 2 Palopo, Nobertinus kepada Koran Seruya, beberapa waktu lalu menjelaskan, jika masa pandemi Covid-19 tidak membuat sekolah kejuruan yang ia pimpin kekurangan peminat.

Kata dia, jurusan TKR membuat siswa lebih terampil, punya kemampuan dasar, pengetahuan dan skill agar memiliki daya saing di era kompetitif saat ini.

“Kompetensi yang diajarkan pada TKR antara lain perawatan dan perbaikan motor otomotif, perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif, perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi otomotif dan perawatan dan perbaikan sisterm kelistrikan otomotif,” beber Nobertinus.

ADVERTISEMENT

“Sayangnya, di sekolah kami karena banyaknya guru jurusan TKR yang sudah pensiun sehingga batas kelas juga sudah kami batasi, padahal tinggi sekali peminatnya, yang dulunya sekolah pakai 3 kelas untuk jurusan TKR sekarang hanya 2 kelas,” imbuh pria kelahiran 11 Desember 1958 yang juga alumni SMKN 2 Palopo pada tahun 1987 itu.

Nobertinus kembali menambahkan, selain teori, siswa mereka juga dibekali dengan praktek. Dengan begitu, siswa dapat langsung mempraktekkan teori yang telah diajarkan guru mereka.

“Sebelum melakukan praktik, kami terlebih dahulu membekali anak didik kami dengan teori. Jadi siswa dapat langsung mempraktekkan ilmu yang mereka dapat dari guru, selain tentunya nanti mereka juga ditempa saat Praktek Kerja Lapangan (magang) di perusahan-perusahaan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, SMK Negeri 2 Palopo pada tahun pelajaran 2020/2021 memiliki 12 kompetensi keahlian bagi calon siswa, yakni: 1. Desain Pemodelan dan Informasi bangunan, 2. Bisnis Konstruksi dan Properti, 3. Teknik Geomatika, 4. Teknik Audio Video, 5. Teknik Elektronika Industri, 6. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, 7. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, 8. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, 9. Teknik Pengelasan, 10. Teknik Pemesinan, 11. Teknik Komputer dan Jaringan, 12. Analisis Pengujian Laboratorium.
Dari ke 12 jurusan, TKR berada di peringkat tertinggi pertama yakni 288 orang siswa tersebar di kelas X hingga XII, sedangkan terbanyak kedua adalah jurusan teknik instalasi tenaga listrik sebanyak 272 siswa, menyusul teknik permesinan dengan 270 siswa dan teknik komputer dan jaringan sebanyak 260 orang siswa. (har)

ADVERTISEMENT