Banjir Rendam Pemukiman Warga di Larompong

197
ADVERTISEMENT

BELOPA – Sebagian besar wilayah di Luwu Raya diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang, sejak Sabtu 25 hingga Minggu 26 Maret 2023 dini hari.

Hujan tersebut membuat sungai Larompong meluap dan mengakibatkan banjir, di Lingkungan Cappi, Kelurahan Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu.

ADVERTISEMENT

Dari informasi yang dihimpun, banjir menggenangi rumah warga mencapai lutut orang dewasa.

Salah seorang warga yang terdampak banjir, Rusli Sapiri mengatakan, rumahnya menjadi salah satu yang rawan terendam banjir.

Sebab katanya, posisi rumahnya berhadapan dengan sungai menjadi salah satu penyebabnya. Pasca banjir yang masuk ke rumahnya, endapan tanah memenuhi seisi ruangan miliknya.

“Hampir setiap hujan rumah saya langsung masuk air. Hampir setiap banjir juga ada endapan tanah yang ikut, entah dari mana,” katanya.

Kondisi seperti ini dikeluhkan Rusli, menurutnya, perlu ada tindakan yang diambil pemerintah Kabupaten Luwu. Ia curiga, penebangan pohon dan pengrusakan daerah hulu oleh tambang menjadi penyebabnya.

“Harus ada langkah dari pemerintah ini. Masa setiap banjir ada lumpur yang ikut. Saya curiga ini selama ada tambang di Luwu, jadi begini,” tuturnya. (*)

ADVERTISEMENT