Bank Sampah SDN 1 Lalebbata Palopo, Ubah Sampah Jadi Nilai Ekonomis

89
ket : SDN 1 Lalebbata Kota Palopo selalu menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — SDN 1 Lalebbata Kota Palopo selalu menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. Salah satu cara pihak sekolah agar lingkungan selalu bersih ialah rutin mengumpulkan sampah yang berserakan.

Tak hanya menjadikan lingkungan bersih, sampah juga bisa menambah biaya operasional sekolah. Caranya Sampah itu dipilah-pilah. Sampah plastik, kertas dan karton disatukan dengan jenisnya.

Setelah itu, pihak sekolah menunggu Dinas Lingkungan Hidup untuk datang menimbang sampah tersebut. Mereka datang tiap bulan untuk mengambil sampah dari SDN 1 Lalebbata Palopo.

“Adapun hasil dari sampah tersebut di tabung pada buku rekening sampah SDN 1 Lalebbata. Uang itu dapat diambil sewaktu-waktu dan digunakan untuk membantu biaya operasinal sekolah jika diperlukan,” kata Koordinator Bank Sampah SDN 1 Lalebbata Palopo, Jumaeti Matius kepada Koran Seruya, Rabu (16/2/2022).

ADVERTISEMENT

Dengan adanya bank sampah, penanganan sampah dapat dilakukan mulai dari lingkungan sekolah. “Bukan hanya bernilai ekonomis, namun dapat mewujudkan lingkungan bersih, dan dapat mewujudkan kota Mapaccing, seperti harapan pemerintah kota Palopo,” harapnya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT