Bapenda Palopo Mulai Terapkan Aplikasi Simda Pendapatan

1231
Bapenda Palopo mengikuti bimtek simda pendapatan di Kantor BPKP Makassar.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Agar penatausahaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Palopo berjalan dengan baik, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo mulai memanfaatkan aplikasi Sistem Manajemen Daerah (Simda) Pendapatan. Aplikasi ini sebagai sarana optimalisasi pajak atau retribusi daerah agar pemerintah daerah dapat menghasilkan laporan-laporan pengelolaan pendapatan dan piutang sebagai dokumen pendukung laporan keuangan pemerintah daerah yang dapat diandalkan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

BACA JUGA :Bapenda Palopo Sosialisasi Perwal Pajak Online

Kepala Bapenda Palopo melalui Kasubid Evaluasi dan Pelaporan, Yunita mengatakan untuk tahap awal, pihaknya mengikutkan sebanyak 13 orang dari Bapenda untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) simda di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Makassar pada 25-27 Juli 2018 lalu. “Melalui bimtek ini, harapannya bisa memudahkan penatausahaan pengelolaan PAD. Aplikasinya sementara dalam tahap penginstalan dan siap untuk digunakan di Bapenda Palopo,” kata Yunita, Senin (30/7/18).

BACA JUGA :Berikan Pelayanan Prima, Ini yang Dilakukan Bapenda Palopo

ADVERTISEMENT

Lanjut Yunita, penerapan Simda Pendapatan baru tahun ini dimulai mengingat Bapenda Kota Palopo baru terbentuk pada tahun 2017 lalu.
“Kita rencanakan gelar bimtek lagi tahap kedua pada Oktober mendatang. Pesertanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola PAD di Palopo. Beberapa daerah juga sudah gunakan aplikasi ini, kita harap pemanfaatannya bisa maksimal di tahun depan,” katanya. (asm)

Foto bersama dengan pemateri usai bimtek.

ADVERTISEMENT