Bappeda Palopo Gelar Coaching Klinik, Perdalam Penginputan Usulan Musrenbang Melalui SIPD

131
Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, (Bappeda) Kota Palopo, menggelar Coaching clinik, sistem Informasi pembangunan Daerah (SIPD) bagi Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan terkait usulan Musrenbang Rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023. (Foto : Haswan Hasanuddin)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, (Bappeda) Kota Palopo, menggelar Coaching clinik, sistem Informasi pembangunan Daerah (SIPD) bagi Pemerintah Kelurahan dan Kecamatan terkait usulan Musrenbang Rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Bappeda Palopo itu, selain dihadiri Kepala Bappeda Raodathul Jannah, juga dihadiri Sekertaris Bappeda, Hendri, serta Camat dan Lurah sekota Palopo, Rabu (5/1/2022).

ADVERTISEMENT

Raodathul Jannah, dalam sambutannya mengatakan Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman yang detail dan mendalam tentang bagaimana menata penginputan validasi Muserenbang RKPD Kota Palopo Tahun 2023.

“Tujuan kegiatan hari ini adalah untuk memberikan pemahaman yang detail dan mendalam tentang tata cara Penginputan dan validasi usulan Musrenbang RKPD Kota Palopo, Tahun 2023 Tingkat Kelurahan melalui aplikasi SIPD Kementerian Dalam Negeri bagi Aparatur Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Lingkup Pemerintah Kota Palopo,” katanya.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019, SIPD adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan Daerah.

“Berdasarkan surat yang telah dikirim ke Pemerintah Kelurahan, penginputan usulan prioritas Musrenbang Kelurahan dilaksanakan mulai Tanggal 18 – 23 Januari 2022, sehingga diharapkan agar memanfaatkan semaksimal mungkin waktu yang tersedia dan meyelesaikan sebelum pelaksanaan Musrenbang Kecamatan,” ungkapnya.

“Selama kegiatan berlangsung seluruh peserta dapat mengikuti secara seksama materi yang diberikan,” tandasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT