Bappeda Palopo Gelar Coaching Clinic Penginputan RPJMD

65
Bappeda Palopo menggelar coaching clinic pengiputan rancangan akhir tahun 2023 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kegiatan dengan tujuan untuk memberikan arahan cara penginputan anggaran pendapatan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Bappeda Palopo menggelar coaching clinic pengiputan rancangan akhir tahun 2023 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kegiatan dengan tujuan untuk memberikan arahan cara penginputan anggaran pendapatan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

RPJMD ini merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama lima tahunan yang berisi penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Palopo, Raodathul Jannah, melalui Kepala Bidang Perencanaan Mikro, Hikmah Hafid kepada Koran SeruYA, Selasa (5/7/2022). Ia mengatakan sesuai amanah peraturan, penetapan RKPD tujuh hari setelah penetapan RKPD provinsi.

“Penetapan RKPD provinsi itu 30 Juli 2022. Sementara untuk Palopo RKPD harus rangkum tangal 7 Juli 2022. RKPD ini sudah masuk rancangan akhir. Ada 15 perangkat daerah PAD yakni Dinas kesehatan, RUSD, PUPR, perhubungan, Kominfo, Bapenda, BPKB, Perkim, Penanaman Modal, Pemuda Olahraga, Perikanan, Pariwisata, Perdagangan, Pertanian, Sekretariat Daerah,” uraiannya.

ADVERTISEMENT

Ia menambahkan, RKPD Tahun 2023 yang disusun bisa selesai dengan meminimalisir tingkat kesalahan atau akurasi data yang lebih baik.

“Apalagi tahun 2023 ini masa berakhirnya bapak walikota, HM Judas Amir. Semoga kebijakan pemerintah kota Palopo dapat memuaskan masyarakat sesuai dengan janji-janji bapak walikota dulu. Dan Alhamdulillah kami terus memaksimalkan janji tersebut,” harapnya. (ayb)

ADVERTISEMENT