Bappeda Palopo Gelar Musrenbang RKPD 2025, Pemkot Tetapkan 5 Skala Prioritas Pembangunan

63
Bappeda Kota Palopo mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palopo Tahun 2025. Musrenbang ini dihadiri Pj Walikota Palopo, Asrul Sani di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota, Kamis 7 Maret 2024.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palopo Tahun 2025.

Musrenbang ini mengusung tema “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat, Daya Saing Daerah dan Kualitas Layanan”
dilaksanakan Bappeda Kota Palopo di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota, Kamis 7 Maret 2024.

ADVERTISEMENT

Kepala Bappeda Kota Palopo Asmuradi Budi, dalam laporannya menyampaikan, Pemerintah Kota Palopo melaksanakan Musrenbang ini sebagai wadah untuk menampung semua usulan dari masyarakat yang bermuara tujuan akhir pembangunan, yang bermuara
terciptanya masyarakat Kota Palopo yang sejahtera.

“Melalui Musrenbang ini, untuk tahun anggaran berikutnya, program kegiatan Kota Palopo akan disepakati melalui forum ini sebagai
acuan dalam penyusunan rancangan akhir pemerintah tahun 2025,” jelas Asmuradi.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Pj. Gubernur Sulsel diwakili Staf Ahli Gubernur bidang ekonomi, pembangunan dan keuangan sub bidang pembangunan Moh. Hasan, SH., MH menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2025 sangat penting dalam rangka sistem perencanaan daerah.

Menurutnya, momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menyamakan persepsi dan menyatukan pandangan tentang banyak hal yang menyangkut urusan pemerintahan dan pembangunan secara lurus. Mengingat program pembangunan selalu searah dan selaras dengan pembangunan tingkat provinsi bahkan ditingkat nasional.

Penjabat Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si dalam sambutannya, menyampaikan, musrenbang ini dilaksanakan dengan pemangku kepentingan bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas.

“Kita berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai agenda rutinitas tahunan dalam rangka pemenuhan regulasi akan tetapi benar-benar dilakukan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Asrul Sani.

Dikatakan, dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Pemkot Palopo dalam penyusunan RKPD tahun 2025 telah menetapkan lima prioritas pembangunan daerah. “Ada lima skala prioritas untuk RKPD Palopo tahun anggaran 2025,” sebut Asrul Sani.

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza D.P., S.H., M.Si, Forkopimda Palopo, Penjabat PKK Kota Palopo Hasnawati Asrul, SE, Pimpinan Perangkat daerah kota palopo, Bapelitbangda sulsel, ketua FKUB kota palopo, serta undangan lainnya. (ADV)

ADVERTISEMENT