Bappeda Palopo Gelar Orientasi Penyusunan RKPD 2022, Demi Konsistensi Dokumen Perencanaan Strategis dan Tahunan

37
ADVERTISEMENT

PALOPO–Guna konsistensi dokumen perencanaan strategis dan tahunan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palopo menggelar “Orientasi Penyusunan RKPD 2022” yang diikuti seluruh OPD dalam lingkup Pemerintah kota Palopo.

Kegiatan digelar selama dua hari, sejak Senin-Selasa, 22 hingga 23 Februari 2021 itu di Aula Bappeda Palopo, di lantai II Balaikota Jalan Andi Djemma.

Kepala Bappeda Palopo, Raodahthul Jannah melalui Kepala Bidang Perencanaan Makro, Henri, kepada Koran Seruya mengatakan, kegiatan orientasi ini selain bertujuan memberi coaching klinik bagi masing-masing OPD, juga agar Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Tahun 2022 yang disusun bisa selesai dengan meminimalisir tingkat kesalahan atau akurasi data yang lebih baik.

“Yang dimaksud dokumen perencanaan strategis itu adalah RPJMD dan Renstra. Sementara perencanaan dokumen tahunan itu adalah RKPD dan Renja. Yang kami laksanakan sekarang ini konsistensinya dokumen RKPD dan Renja semua OPD lingkup Pemkot Palopo,” jelas Henri.

Soal penyusunan dokumen RKPD 2022 ini sendiri telah diatur dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 di pasal 80. Menurutnya, konsistensi ini dibutuhkan agar Renja tidak melenceng dari dokumen induk tadi yakni Renstra dan RPJMD.

Secara garis besar, ia menyebut dokumen tahunan (RKPD dan Renja) tak boleh keluar dari dokumen induk/strategis yang telah disusun sebelumnya, sebab nantinya akan diaudit lagi oleh tim bentukan Bappeda.

Kabid juga menyebut, setelah orientasi ini selesai, pihaknya akan segera menggelar FGD atau Forum Group Disscussion yang rencananya pada awal atau minggu pertama Maret 2021 mendatang.

(iys)

ADVERTISEMENT