Bappeda Palopo Ikut Sukseskan Aksi World Clean Day

125
Wawali, Rahmat Masri Bandaso didampingi kepala Bappeda, Firmanza memimpin aksi bersih di halaman kantor walikota.

PALOPO — Pemerintah kota Palopo turut ambil bagian dalam aksi bersih- bersih dunia (world clean day) yang dilaksanakan serentak secara global. Semua elemen ikut dan terlibat langsung dalam aksi yang mengusung tema “Cleanup For Peaceful Indonesia”, Sabtu (21/9/2019).

Tim terbagi ke beberapa titik yang ada di kota Palopo. Sejumlah pegawai dan staf Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) kota Palopo turut ambil bagian. Mereka melakukan aksi bersih di seputaran kantor walikota. Nampak memimpin tim, wakil walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso didampingi kepala Bappeda, Firmanza.

Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, menyampaikan kegiatan seperti ini sebenarnya bagaimana mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, sehingga budaya bersih dimasyarakat ini terus ada dan melekat. Jika masyarakat sudah memiliki budaya bersih kata wawali, setiap hari mereka akan melakukan bersih-bersih, bukan hanya pada moment seperti ini.

“Jadi kedepan, kita usahakan masyarakat itu tergerak sendiri, masyarakat terhipnotis untuk lakukan kegiatan bersih-bersih, dan itu harapan kita, masyarakat memiliki budaya bersih, itu yang penting,” ungkap Wakil Walikota.

RMB menambahkan, sampah di kota Palopo setiap hari berkisar 53 ton, dan penanganannya dirasakan memang masih belum terlalu optimal, karena infrastruktur yang masih terbatas.

“Tetapi dengan kegiatan seperti ini (aksi bersih-bersih sampah), masyarakat diajak untuk ikut serta, jadi penanganan sampah itu bukan hanya pada dinas terkait tetapi masyarakat juga ikut terlibat menangani sampah. Jika masyarakat sudah ikut terlibat, insya Allah, penanganan sampah akan bisa kita selesaikan,” lanjutnya.

Wawali, Rahmat Masri Bandaso didampingi kepala Bappeda, Firmanza memimpin aksi bersih di halaman kantor walikota.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Firmanza berharap kegiatan ini dapat merangsang semangat masyarakat untuk mencintai kebersihan dan melekat pada dirinya bahwa kebersihan itu merupakan kebutuhan. Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini di kota palopo dilaksanakan verifikasi terkait lomba kota sehat.

“Dengan aksi bersih-bersih sampah seperti ini, lingkungan jadi sehat dan tidak ada sampah berserakan. Semakin bersih akan semakin nyaman, dan kita akan semakin sehat,” kuncinya. (asm)