Basmin Mattayang: Sudah Memenuhi Syarat, Insya Allah Luteng Terbentuk

2483
Bupati Luwu, Basmin Mattayang
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengatakan, persyaratan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Luwu Tengah (Luteng) sudah memenuhi syarat. Basmin berkeyakinan, wilayah Walenrang dan Lamasi (Walmas) di Kabupaten Luwu itu akan terbentuk menjadi kabupaten baru bernama Luwu Tengah.

“Sudah memenuhi syarat, Insya Allah terbentuk (Luteng),” kata Basmin usai menyerahkan proposal permohonan pemekaran Luteng ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

ADVERTISEMENT

Bersama wakilnya, Syukur Bijak, Basmin menyambangi rumah jabatan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Rabu (18/12/2019). Basmin dan Syukur Bijak datang khusus membawa bundel dokumen. Beberapa jajaran pejabat Luwu ikut mendampingi.

“Kami sudha menyerahkan proposal permohonan pemekaran Luteng ke Bapak Gubernur. Dokumen pembentukan Luteng sudah lengkap, termasuk didalamnya
rekomendasi DPD RI,” kata Basmin Mattayang.

ADVERTISEMENT

Menurut Basmin, pembentukan Luteng tinggal menunggu keputusan diskresi Presiden Jokowi. Sebab, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berjanji akan mengantar langsung dokumen tersebut ke Presiden Jokowi. “Insyaallah, melalui jalur khusus (diskresi), permintaan masyarakat Luwu (Walmas) akan dipenuhi Presiden, karena sudah menjadi kebutuhan,” kata Basmin.

Memang kata Basmin, soal pemekaran daerah ini, masih teradang oleh moratorium. Akan tetapi, pihaknya berkeyakinan, soal pemekaran daerah Luwu Tengah ini,
akan mendapat diskresi dari Jokowi.

Sebelumnya, soal rencana pemekaran Luwu Tengah ini, juga sudah dibicarakan Nurdin dengan Wakil Pimpinan MPR RI, Syarief Hasan, Selasa (17/12/2019). “Saya bilang, Luwu Tengah harus kita mekarkan,” kata Nurdin. (*/tari)

ADVERTISEMENT