Basmin Mattayang -Syukur Bijak Dilantik 15 Februari 2019 di Makassar

3048
Basmin Mattayang dan Syukur Bijak
Basmin Mattayang dan Syukur Bijak
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Kepastian kapan jadwal pelantikan Bupati/Wakil Bupati Luwu terpilih, Basmin Mattayang- Syukur Bijak akhirnya terjawab sudah. Pemrov Sulsel sudah mengagendakan pelantikannya yakni pada 15 Februari 2019 di Makassar. Pelantikannya bersamaan dengan Bupati/Wakil Bupati Wajo terpilih. Hal ini diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan Sulsel, Hasan Basri Ambarala.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

“Untuk lokasi pelantikan kita belum tahu, yang jelas diadakan di ibukota provinsi. Pemilihan lokasi pelantikan ini belum dilaporkan kepada Gubernur. Tunggu dulu arahan dari Pak Gubernur, apakah di Baruga Unhas seperti kepala daerah sebelumnya,” ujar Ambarala, Minggu (3/2/2019) sepeti dikutip dari Tribunnews.com.

Pelantikan Bupati Luwu dan Wajo ini adalah pelantikan yang ke empat diadakan Pemprov Sulsel, pasca ditetapkannya calon kepala daerah terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2018 lalu. Ia mengungkapkan karena dua kepala daerah ini, berbeda masa jabatannya yakni 14 Februari untuk Luwu dan 15 Februari Wajo akan di tetapkan satu Plh (pelaksana harian) untuk kabupaten Luwu.

Pelaksana harian ini diadakan agar pemerintah tidak kekosongan pemimpin. Menurutnya meski jabatan Plh hanya terhitung jam atau sehari saja, itu sudah menjadi ketentuan undang-undang, bahwa kekosongan jabatan kepala daerah karena akhir masa jabatan harus digantikan oleh Plh, pejabat yang tertinggi di Pemda setempat.

ADVERTISEMENT

“Jadi kepala daerah itu tidak bisa kosong, semenit harus ada PLH,” katanya. Kabupaten Luwu kata Ambarala akan diisi oleh Plh selama 24 jam. Sebab masa jabatan Bupati/Wakil Bupati, Andi Mudzakkar dan Amru Saher berakhir 14 Februari 2019. “Sekda setempat yang akan jadi Plh-nya. Itu sudah diatur dalam perencanaan pemerintah,” Ambarala menambahkan. (*/adn)

ADVERTISEMENT