Ini Besaran Zakat Fitrah yang Ditetapkan Baznas Luwu

1218
ADVERTISEMENT

LUWU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Luwu, menetapkan jumlah besaran zakat fitrah di Kabupaten Luwu. Wakil Sekretaris Baznas Luwu, Baderullah, mengatakan untuk Luwu ada dua tingkatan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

“Kalau kita di Luwu ada dua tingkatan zakat fitrah, tingkatan pertama 35 ribu per jiwa. Tingkatan kedua 28 ribu,” ujarnya, saat ditemui di masjid agung Belopa, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Rabu (6/6).

ADVERTISEMENT

35 ribu atau 28 ribu per jiwa ini setara dengan 3 setengah liter beras dari kedua tingkatan tersebut. Dua tingkatan itu diuraikan Baderullah, sesuai dengan beras apa yang dimakan selama bulan Ramadan.

“Kalau beras kepala dan sejenisnya itu masuk 35 ribu per jiwa, kalau di bawahnya beras kepala itu 28 ribu,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Untuk infaq rumah tangga (IRT) muslim besarannya 30 ribu per kartu keluarga (KK). Pihak Baznas juga berharap agar masyarakat Kabupaten Luwu segera mungkin membayar zakat.

Agar Baznas bisa melakukan pendistribusian secepatnya, supaya penerima zakat yakni fakir miskin bisa merasakan sebelum lebaran.

“Untuk pendistribusiannya sesuai SK Bupati sebelum lebaran. Jadi sesegera mungkin bayarlah zakat, supaya penerima bisa merasakan sebelum lebaran. Meski batas akhirnya sebelum khutbah di mimbar,” tutupnya. (eca/liq)

ADVERTISEMENT