Begini Cara Siswa SMPN 14 Palopo Manfaatkan Perpustakaan Sekolah

149

PALOPO – SMPN 14 Palopo mempunyai cara tersendiri dalam memanfaat perpustakaan sekolah. Selain untuk tempat baca, pihak sekolah memanfaat perpustakaan sebagai tempat diskusi bagi para siswa.

Cara itu dianggap efektif untuk meningkatkan pengunjung di perpustakaan. Sambil diskusi, siswa juga bisa mencari referensi tentang hal yang mereka diskusikan di perpustakaan.

“Banyak buku bacaan di perpustakaan yang telah sekolah sediakan. Mulai dari fiksi dan nonfiksi, sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik,” kata Ribka kepada Koran SeruYA, pekan lalu.

“Perpustakaan bukan hanya tempat membaca, tapi bisa juga jadi tempat berdiskusi bagi siswa. Mereka bisa mencari pemecahan masalah yang didiskusikan melalui referensi buku yang ada di perpustakaan,” tuturnya.

Ribka menilai dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memahami berbagai konsep dengan mudah. “Selain itu dengan membaca dapat mengembangkan ketrampilan berpikir kritis pada siswa. Dengan membaca juga meningkatkan kosakata seseorang serta kemampuan komunikasi,” pungkasnya. (fit/liq)