Belajar Sambil Wisata, SMPN 8 Palopo Study Tour ke Makassar

229

PALOPO – Kelompok belajar Bahasa Inggris SMPN 8 Palopo, English Lovers Club (ELC) menggelar study tour di Makassar dan Maros, pekan lalu. Kegiatan ini diikuti puluhan siswa.

Husnaini, Guru pembimbing ELC mengatakan selain untuk berwisata, siswa juga sekalian belajar dan mengasah Bahasa Inggris mereka. Tempat wisata yang dikunjungi pertama adalah museum Lagaligo atau yang biasa disebut dengan Benteng Rotterdam Makassar.

“Selain berwisata mereka juga mempraktekan Bahasa Inggris mereka bersama dengan turis yang dijumpai. Selain itu, mereka juga dapat belajar sejarah dari tempat-tempat bersejarah,” ujar Husnaini.

Di Benteng Rotterdam siswa mendengarkan pemaparan tentang sejarah kerajaan islam yang pernah berjaya di sulawesi selatan melalui pemandu wisata (guide).

“Para siswa sangat antusias dan senang mendengarkan sejarah yg dipaparkan oleh guide. Hal ini terbukti dengan keaktifan mereka mengajukan pertanyaan,” jelasnya.

Husnaini menjelaskan, sebelum berangkat pihak sekolah memberikan surat izin kepada orang tua siswa yang ikut dalam rombongan. Surat tersebut ditanda tangani orang tua siswa jika tidak keberatan anaknya ikut dalam study tour.

“Sebenarnya ada sebagian siswa lain yang ingin ikut, tapi mereka tidak mendapat izin dari orang tua mereka,” pungkasnya. (liq)