Belum 5 Bulan Diresmikan, Sirkuit Ratona Palopo Sudah Sumbang PAD Rp 250 Juta

126
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kehadiran Sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) Palopo yang diresmikan Juli 2023 lalu, membawa dampak signifikan bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Buktinya, pemasukan dari lima event road race yang digelar di RMS totalnya mencapai angka Rp 250 juta.

Kelima event tersebut yakni, Sulawesi Cup Race seri empat dan 5, Honda Dream Cup, Chalolo Night Race kejurda seri dua, dan ajang bergengsi Sulawesi Cup Race seri final.Penyelenggara masing-masing event membayar sewa kepada Pemerintah Kota Palopo sebesar 25 juta perevent, ditambah 10 persen dari karcis penonton yang masuk, yang selanjutnya menjadi tambahan PAD.

ADVERTISEMENT

Selain retribusi sewa sirkuit, Bapenda Kota Palopo menangani juga pajak hiburan, pajak kebersihan di luar arena, dan pajak reklame. Sirkuit RMS menjadi penyumbang pajak hiburan terbesar di kota Palopo.

Kepala Bapenda Kota Palopo, Andi Agus Mandasini, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi dari pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) bahwa akan ada 3 atau 4 event skala nasional, belum termasuk skala lokal, yang akan dihelat di RMS.

Ia berharap bahwa event tersebut dapat memberikan kontribusi besar bagi PAD di Kota Palopo. Agus berharap lebih banyak event, baik skala nasional maupun lokal, dapat diselenggarakan di kota Palopo.

“Sehingga masyarakat yang memiliki hobi di bidang otomotif road race dapat menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah,” ujarnya.
Agus menambahkan bahwa selama peresmian hingga event Sulawesi Cup Race seri final berakhir, pemasukan pajak dan retribusi dari RMS cukup besar.

“Event berskala nasional, seperti Sulawesi Cup Race Seri final, menjadi penyumbang PAD tertinggi untuk Kota Palopo,” pungkasnya. (Hwn/Nad)

ADVERTISEMENT